Selasa, 23 Mei 2017

Parfi Diminta Kembangkan Pefiliman Sumbar

Senin, 06 Feb 2017 03:18
BAGIKAN:
ist
Adegan dalam film (ilustrasi).

PADANG (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno berharap Pimpinan Daerah (PD) Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) mengembangkan perfilman di daerah itu.

"Semoga Pengurus Parfi Sumbar 2017-2021 yang telah dilantik, bisa mengembangkan perfilman daerah ini untuk ikut bersaing di kancah nasional," kata Irwan Prayitno usai pelantikan Pengurus Parfi Sumbar di Padang, Minggu.

Parfi Sumbar di bawah kepemimpinan Fadly Amran, katanya, diharapkan dapat menggaet komunitas-komunitas serta pegiat film yang ada di daerah itu.

Pelantikan kepengurusan PD Parfi Sumbar periode 2017-2021 dilakukan langsung oleh Sekretaris Pengurus Besar (PB) Parfi Sandi Nayoan di Aula Gubernur Sumbar, Minggu malam.

Kepengurusan itu termaktub dalam Surat Keputusan (SK) No.001.A.SKD/PB Parfi/Sumbar/I/2017 tentang Susunan Personalia PD Parfi Sumbar.

Susunan pengurus itu antara lain Ketua Umum Parfi Sumbar diemban Fadly Amran, Sekretaris Raymond Moza dan Bendahara Dedy Fatria.

Ketua Umum Parfi Sumbar Fadly Amran menyatakan, pihaknya siap mengemban amanah dari jabatannya.

Untuk tahap awal setelah dilantik kepengurusannya akan menyelesaikan dua film yang diproduksi langsung oleh Parfi Sumbar.

Dua film itu berjudul "Cinta di Bawah Langit" yang menjadi fokus utama, kemudian film "2891 Mdpl".

Film "Cinta di Bawah Langit" diangkat dari latar belakang Sumbar, dibuat oleh orang Sumbar dan pemain filmnya juga berasal dari Sumbar," katanya.

Ia menjelaskan pemeran film itu adalah mereka yang lolos casting yang telah digelar Parfi Sumbar sebelumnya. Film disutradarai Raymond Moza dan diproduseri Fadly Amran Setelah film, lanjutnya, pihaknya akan merangkul komunitas dan pegiat film, serta menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang dapat meningkatkan kualitas perfilman daerah itu.

"Kerja sama harus dijalin seperti Bank Nagari yang memberikan dukungan saat ini, serta nanti dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang yang memiliki program studi perfilman," katanya.

Ia menegaskan akan terus mendorong perfilman yang mengakat kearifan lokal baik suku, budaya, yang ada di daerah itu secara berkelanjutan.

Aktor senior Roy Marten yang hadir dalam pelantikan, mengapresiasi pembuatan dua judul film oleh Parfi Sumbar.

Pada bagian lain dalam pelantikan itu juga diputar kilas (trailer) dari dua film garapan Parfi Sumbar, serta pembacaan puisi WS Rendra berjudul "Balada Terbunuhnya Atmo Karpo" oleh Ical Vrigar (Januarizal).

Pelantikan dihadiri PB Parfi Pusat Ismail Sofyan Sani, Soni Gaokasak, Ical Vrigar, Irwan Purnani, MH Tamrin Lubis, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan pengurus Parfi Sumbar.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    PARFI Jatim Sosialisasikan Adat dan Budaya Lokal

    SURABAYA (EKSPOSnews): Menanamkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal ke masyarakat merupakan suatu hal yang patut diapresiasi. Bahkan, perkembangan era globalisasi yang terjadi saat ini, seakan men

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak