Selasa, 14 Agu 2018
  • Home
  • Hiburan
  • Merangkul Pelaku Seni dan Budaya di Kota Padang

Merangkul Pelaku Seni dan Budaya di Kota Padang

Oleh: alex
Selasa, 24 Apr 2018 05:05
BAGIKAN:
istimewa.
Kota Tua Padang.
PADANG PANJANG (EKSPOSnews): Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumbar, merangkul pelaku seni dan budaya agar ikut mempromosikan pariwisata daerah setempat dengan mengangkat kearifan lokal.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkot Padang Panjang, Iriansyah Tanjung di Padang Panjang,  mengatakan pendukung pariwisata seperti kuliner, produk kerajinan, seni dan budaya, destinasi dan lainnya mengalami perubahan dan perkembangan.

Para pelaku di bidang itu dituntut kreatif agar mampu menyesuaikan dengan selera wisatawan. Dari semua perubahan, seni dan budaya lokal diharapkan tetap dijaga keasliannya sebagai identitas daerah.

"Dalam mengembangkan dan memasarkan kreativitas, pelaku seni dan budaya diharapkan lebih aktif memanfaatkan kemajuan teknologi. Hasil kreativitas itu mesti dapat merepresentasikan identitas Padang Panjang, selalu angkat seni dan budaya daerah," jelasnya, Senin 23 April 2018.

Ia mengemukakan seni dan budaya termasuk dalam bagian ekonomi kreatif. "Ekonomi kreatif sudah diyakini sebagai bidang yang menjanjikan dan mampu menjadi penyangga ekonomi masyarakat apalagi jika dikaitkan dengan pariwisata," ujarnya.

Menurutnya, di dua desa wisata daerah tersebut yaitu Kubu Gadang dan Sigando, masih ada potensi masyarakat yang belum muncul dan tersalurkan dengan baik.

Untuk itu, sebutnya pelaku seni dan budaya diharapkan mampu merangkul potensi yang ada tersebut.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Padang Panjang, Busman Candra menambahkan sasaran pelatihan ekonomi kreatif di seni dan budaya meliputi pelaku sub sektor seni pertunjukan, seni musik, kriya, tata busana dan seni rupa dengan jumlah 40 orang peserta.

Sebelum pelatihan pihaknya telah lebih dulu mendata pelaku usaha ekonomi kreatif, verifikasi dan evaluasi data pelaku ekonomi kreatif sehingga pelaku usaha dapat terpantau.

"Hasil dari kegiatan diharapkan para peserta bisa berkreasi menciptakan produk dan kegiatan menarik namun tetap mengangkat kearifan lokal atau punya ciri khas sendiri yang bisa mengingatkan wisatawan pada Padang Panjang," katanya.

Lewat pelatihan itu pula diharapkan bisa memberikan ide baru bagi pelaku usaha sehingga bisa memperbanyak inovasi produk dan membuka lapangan kerja baru.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Polisi Amankan Kepala Dinas Pertanian Padang Lawas

    JAKARTA (EKSPOSnews): Penyidik Subdit III Tipikor Polda Sumut menggelar operasi tangkap tangan terkait penanganan potensi korupsi di sektor pertanian.Dalam operasi pada Kamis (9/8) tersebut, polisi me

  • satu minggu lalu

    Wisata Belanja di Padang

    PADANG (EKSPOSnews): Pesta diskon hingga 70 persen untuk beragam kebutuhan akan tersaji pada "Permindo Big Sale" di Kota Padang, Sumatera Barat 7-17 Agustus 2018."Beragam kebutuhan mulai dari buku, pa

  • 2 minggu lalu

    Membangun PLTS di Padang Pariaman

    PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Sebanyak empat perusahaan yang tergabung dalam konsorsium segera membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang mampu menghasilkan 50 megawatt di Kawasan Terpadu T

  • 3 minggu lalu

    Gelombang Laut Hantam Rumah di Padang Utara

    PADANG (EKSPOSnews): Sebanyak 18 rumah milik warga Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami kerusakan karena dihantam gelombang pasang laut yang tinggi, Ka

  • 4 minggu lalu

    Pembangunan Tol Padang Pariaman-Pekanbaru Terganjal Pembebasan Lahan

    PADANG (EKSPOSnews): Pembangunan Tol Trans Sumatera Padang Pariaman-Pekanbaru masih terganjal oleh proses pembebasan lahan yang belum selesai karena masyarakat menolak harga yang ditetapkan oleh tim p

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99