Rabu, 22 Mei 2019

Gamelan Jawa di Portugal

Oleh: alex
Sabtu, 02 Mar 2019 19:20
BAGIKAN:
istimewa.
Gamelan.
LONDON (EKSPOSnews): Pementasan Gamelan Jawa berhasil memukau siswa-siswi Sekolah Dasar Alto do Minho di Alfragide, Portugal yang merupakan bagian dari program Resid ncias Art sticas bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa melalui media musik, tari, dan teater.

Pensosbud KBRI Lisabon Andre Nurvily menyebutkan program ini didukung penuh oleh Kementerian Kebudayaan dan Kementerian Pendidikan di Portugal.

Salah satu penerima program Resid ncias Art sticas, Elizabeth Davis, seorang Indonesianis dan pendiri kelompok gamelan Yogistragong, aktif melakukan workshop dan pementasan gamelan di Portugal. Elizabeth Davis, yang akrab disapa Eliza, melakukan proses pengenalan musik gamelan kepada siswa Sekolah Dasar Alto do Minho selama lima hari.

"Hasil akhir pengenalan musik gamelan ini dipresentasikan secara terbuka kepada siswa lainnya dengan mengedepankan nilai berbagi, rasa tanggung jawab, menghargai perbedaan, dan keberagaman," ujarnya, Sabtu 2 Maret 2019.

Dikemas dalam cerita pewayangan Rama Sinta, Eliza membagi peserta menjadi beberapa kelompok, yaitu pemain alat gamelan, penari, dan pemeran tokoh cerita.

Antusiasme pengunjung sempat membuat beberapa peserta gugup, tetapi tingkah jenaka mereka berhasil memecah gelak tawa pengunjung yang hadir.

Sekolah Dasar Alto do Minho, sekolah swasta di daerah imigran dimana siswanya berasal dari latar belakang budaya dan negara berbeda.

Pementasan gamelan ini menjadi pertunjukkan musik pertama yang pernah ditampilkan di sekolah tersebut.

Oleh karena itu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Eliza untuk memberikan edukasi seni kepada siswa yang belum pernah mendapatkan pengalaman tersebut.

Pada pementasan yang dihadiri berbagai kalangan di kota Amadora ini. Kepala Sekolah Dasar Alto do Moinho menyampaikan rasa terima kasih karena Sekolah Dasar itu dipilih sebagai tempat pelaksaan program Resid ncias Art sticas tahun ini.

Pengalaman yang didapatkan oleh siswa merupakan pengalaman yang sangat berharga.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    West Ham United Kontrak Pemain Asal Portugal

    LONDON (EKSPOSnews): Kesibukan West Ham United dalam jendela transfer terus berlanjut saat klub liga utama Inggris itu mengontrak pemain asal Portugal Xande Silva dari klub Vitoria de Guimaraes pada K

  • 11 bulan lalu

    Uruguay Hajar Portugal

    JAKARTA (EKSPOSnews): Tim nasional Uruguay melaju ke perempat final Piala Dunia 2018 usai menaklukkan Portugal dengan skor 2-1 di babak 16 besar yang digelar di Stadion Fisht, Sochi, Rusia, Minggu din

  • 11 bulan lalu

    Portugal Imbang Lawan Iran

    SARANSK (EKSPOSnews): Portugal melaju ke 16 besar Piala Dunia di bawah Spanyol dari Grup B, setelah gol Ricardo Quaresma pada babak kedua dibatalkan oleh penalti pada akhir fase pertandingan dari pema

  • 11 bulan lalu

    Portugal Hajar Maroko

    MOSKOW (EKSPOSnews): Portugal secara tidak terduga gagal mengendalikan permainan meski mampu menang 1-0 atas Maroko pada pertandingan Grup B Piala Dunia pada Rabu, dan beruntung tidak terbelit lebih b

  • 3 tahun lalu

    Prancis Menangis di Rumah Sendiri

    PARIS (EKSPOSnews): Prancis akhirnya tunduk di kaki Partogal yang bermain kompak walaupun Chistiano Ronaldo tak bermain penuh. Sejak babak pertama 45 menit kedua tim tampak bermain hati-hati. Kedua ti

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99