Jumat, 17 Agu 2018

Gamelan Bius Publik Inggris

Oleh: alex
Sabtu, 20 Jan 2018 11:21
BAGIKAN:
istimewa.
Gamelan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Komposer, pembuat alat musik, dan pakar gamelan Aloysius Suwardi bersama timnya mampu membius publik Inggris dengan menampilkan paduan musik gamelan yang lain dari biasanya di Milton Court, London, Inggris.

Dia memberikan nama alat musik yang merupakan modifikasi dari alat-alat musik tradisional gamelan sesuai dengan bunyi yang dihasilkannya seperti glendang, tring, klentung dan lain sebagainya, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu 20 Januari 2018.

Konser musik pada malam itu diawali dengan pengenalan dan penjelasan oleh Aloysius Suwardi, yang dipandu oleh seorang pembawa acara.

Penonton yang berjumlah tidak kurang dari 300 orang mengikuti dengan seksama penjelasan yang disertai dengan bunyi alat musik ciptaan Pak Al, sapaan akrab Aloysius Suwardi.

Pak Al tak hanya dikenal sebagai komponis dan pengrawit untuk alat musik gender, gambang, rebab, dan suling tetapi juga dikenal sebagai penata gamelan piawai.

Dalam konteks musik kontemporer yang bersumber dari musik tradisi nusantara, Pak Al juga dikenal lihai sebagai reparator dan modifikator alat-alat musik gamelan lama maupun baru.

Ia membuat alat musik gambang dan gender macro dan berbagai alat musik baru yang dibuat dari benda-benda keseharian seperti bambu, kayu, air, metal, dan barang-barang bekas.

Pak Al mendalami seni karawitan di Akademi Seni Karawitan Surakarta dan meraih gelar Master dalam bidang etnomusikologi dari Westleyan University, Connecticut, Amerika Serikat.

Konser Planet Harmonik yang ditampilkan dengan sangat menarik oleh Pak Al dan timnya tersebut membawa penonton kedalam suasana kontemporer yang memiliki elemen tradisional.

Pak Al seolah ingin menegaskan bahwa alat musik tradisional juga dapat disajikan dengan komposisi yang tidak konvensional.

Tampak jelas kepiawaian Pak Al dan timnya dalam memainkan alat-alat musik yang bukan hanya bentuknya saja yang unik, namun juga keindahan bunyi yang dihasilkannya.

Bunyi suara suling yang dimodifikasi dengan menggunakan selang dan bambu berisi air menghasilkan suara suling dengan vibrasi yang sangat unik.

Sementara alat musik saron yang telah dimodifikasi, dimainkan secara apik dengan cara yang berbeda dari biasanya. Selama satu jam, penonton dibuat terpesona mendengarkan alunan musik yang sangat inovatif dan harmonis.

Konser Planet Harmonik di London merupakan rangkaian terakhir dari 4 pertunjukan musik di Inggris juga merupakan bagian dari Festival Seni Europalia yang diselenggarakan di 7 negara diantaranya Belgia, Inggris, Austria, Perancis, Jerman, Polandia dan Belanda mulai dari Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), yang berkedudukan di London, Rizal Sukma yang menyaksikan bersama Ibu Hana Satrio, menyatakan rasa bangga atas penampilan Aloysius Suwardi dan timnya melalui Konser Planet Harmonik di London.

Dubes Rizal Sukma menjelaskan bahwa konser musik seperti ini memberikan citra yang sangat baik dalam upaya mempromosikan kekayaan dan keindahan seni dan budaya Indonesia. Ditegaskan bahwa KBRI London sangat mengapresiasi inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Festival Europalia di Inggris.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Festival Gamelan di Solo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan Festival Gamelan Internasional (International Gamelan Festival- IGF) di K

  • 4 bulan lalu

    Gamelan Milik Inggris?

    LONDON (EKSPOSnews): 30 tahun yang lalu, Pemerintah Republik Indonesia memberikan seperangkat gamelan lengkap kepada warga Inggris sebagai tanda persahabatan yang ditempatkan di gedung kesenian Southb

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99