Jumat, 18 Agu 2017

Festival Film Papua di Merauke

Oleh: Marsot
Jumat, 09 Jun 2017 04:38
BAGIKAN:
istimewa
Tarian Adat di Papua.
MONOKWARI (EKSPOSnews):Papuan Voices akan menggelar Festival Film Papua (FFP) di Merauke, Papua pada Agustus 2017, kata Koordinator Umum Festival Film Papua Tahun 2017 Urbanus di Manokwari.

Ia mengatakan, festival film Papua akan dilaksanakan pada 7 hingga 9 Agustus 2017. "Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan," ujarnya, Kamis 8 Juni 2017.

Menurut dia, festival ini akan menjadi tolak ukur pergerakan perfilman di tanah Papua terutama film documenter. Diharapkan dapat memicu semangat para filmmaker muda Papua untuk terus berkarya.

Dia berpandangan, gerakan nonton film dokumenter di kalangan masyarakat harus terus didorong. Selain menumbuhkan kesadaran kritis warga hal ini dapat memacu bakat seniman di daerah ini.

"Dalam upaya membangun kesadaran kritis masyarakat adat terhadap beragam fenomena masa lalu dan masa kini yang terjadi sebagai proses dialektika. Terutama dalam upaya pemenuhan hak-hak sipil dan ekosob masyarakat adat Papua dan kelestarian lingkungan untuk generasi masa depan," sebutnya.

Festival Film Papua, lanjutnya, juga bisa menjadi sarana atau ajang untuk memperkenalkan budaya dan seluruh potensi sumber daya alam Papua melalui film.

Dia mengutarakan, tema Festival Film Papua Tahun 2017 adalah Bomi Zai Anim-Ha yang artinya Rumah Bersama Manusia Sejati yang menghidupi identitas dan ingatan kolektif Masyarakat Adat Papua yang berhubungan erat dengan alam dan membangun Bomizai Tanah Papua.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Film Papua Tahun 2017 ujarnya menambahkan, akan diselenggarakan workshop film di 5 wilayah Komunitas Papuan Voices, Worskhop media, dan kompetisi film

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak