Sabtu, 20 Okt 2018

Bioskop di Arab Saudi Dibanjiri Penonton

Oleh: marsot
Senin, 15 Jan 2018 19:22
BAGIKAN:
Warga Arab Saudi banjiri bioskop.
JEDDAH (EKSPOSnews): Arab Saudi mulai memutar film animasi anak-anak berdurasi panjang pada akhir pekan ini di bioskop sementara setelah larangan pemutaran film, yang berumur 35 tahun, di kerajaan Islam ketat tersebut dicabut.

Bioskop tetap pertama akan dibuka secepat-cepatnya pada Maret, yang menjadi bagian dari upaya perubahan kebebasan, yang membuka pintu bagi pergelaran musik, pertunjukan komedi dan wanita pengemudi dalam setahun belakangan.

Untuk saat ini, pejabat setempat membiayai pengaturan sementara, seperti pada aula budaya, yang dikelola negara di kota Laut Merah, Jeddah, yang dilengkapi dengan proyektor, permadani merah dan mesin pembuat berondong jagung.

"Hingga kini, tidak ada prasarana untuk bioskop. Jadi, kami mencoba memanfaatkan tempat untuk mendekati bentuk perbioskopan," kata Mamdouh Salim, dengan nama Cinema 70-nya, yang menyelenggarakan pemutaran film selama seminggu.

"Kami mencoba menggunakan film ini untuk menjadi titik awal pemutaran film sinematik pertama setelah keputusan pada 11 Desember mengizinkan bioskop," katanya.

Bioskop dilarang pada awal 1980-an di bawah tekanan kelompok garis keras saat masyarakat Saudi beralih ke bentuk ketat agama, yang sangat menghalangi hiburan umum dan pencampuran pria dan wanita di tempat umum.

Namun, reformasi yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman berusia 32 tahun telah mengurangi banyak pembatasan tersebut, karena pemerintah berusaha untuk memperluas ekonomi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Dalam kepatuhannya kepada negara itu, film tersebut akan disensor untuk memastikannya tetap sesuai dengan nilai moral kerajaan itu.

Sumber: antara/reuters.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    15 Warga Arab Saudi Diduga Terlibat Menghilangkan Wartawan

    ISTAMBUL (EKSPOSnews): Surat kabar propemerintah Turki Sabah melaporkan pada Rabu, pihaknya telah mengidentifikasi tim intelejen beranggota 15 orang yang dikatakannya terlibat dalam penghilangan warta

  • 4 bulan lalu

    Satpol PP Tutup Paksa Bioskop XXI

    GARUT (EKSPOSnews): Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut, Jawa Barat, menutup paksa bioskop Garut XXI di Ramayana Mall, Garut Kota, karena bioskop tersebut tidak memiliki izin.Kepala Bidang Pene

  • 6 bulan lalu

    Arab Saudi Luncurkan Kompleks Bioskop Pertama

    RIYADH (EKSPOSnews): Arab Saudi pada Rabu (18/4) meluncurkan kompleks bioskop pertamanya di ibu kota negara tersebut, Riyadh, dengan pertunjukan film Black Panther, setelah 35 tahun larangan atas bios

  • 6 bulan lalu

    Arab Saudi Buka Bioskop VIP

    RIYADH (EKSPOSnews): Arab Saudi membuka bioskop pertamanya pada Rabu saat negara tersebut mengakhiri pelarangan bioskop hampir 40 tahun di bawah dorongan putra mahkota untuk membuka kerajaan Muslim sa

  • 7 bulan lalu

    Hanura Dukung Pembangunan Bioskop Di Banda Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Ketua Satria Hanura Banda Aceh Hizran Azizi menyampaikan dukungannya terhadap rencana Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang akan melakukan studi banding tentang bioskop ke

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99