Kamis, 19 Sep 2019

Alunan Gamelan di Moskow

Oleh: Jallus
Kamis, 21 Mar 2019 05:04
BAGIKAN:
istimewa.
Gamelan.
JAKARTA (EKSPOSnews): Kedutaan Besar RI di Moskow untuk pertama kalinya menggelar peragaan busana diiringi alunan musik gamelan yang dimainkan oleh warga negara Rusia.

Semua penabuh gamelan adalah warga negara Rusia yang tergabung dalam Sanggar Musik Gamelan Dadalib binaan Kedutaan Besar RI Moskow yang dipimpin oleh Ki Tri Koyo, alumni ISI Yogyakarta, berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI moskow yang diterima di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Beragam tembang yang dimainkan oleh Gamelan Dadali selama sekitar satu jam berhasil memukau sekitar seratus pengunjung yang umumnya berasal dari para pemerhati fesyen, dosen sekolah desain, politisi, dan pejabat pemerintah daerah.

Acara yang berlangsung di Galeri Seni Na Kashirke pada 17 Maret itu juga dimeriahkan dengan tari Golek Asmarandana yang dimainkan oleh Elisabeth Nur Nilasari, guru tari sanggar Kirana Nusantara Dance yang juga alumni ISI Yogyakarta.

Acara proyek seni dan pameran yang bertajuk Traektoria tersebut spesial karena baru pertama kali diselenggarakan di Rusia dan juga diliput televisi nasional Russia Today.

Antusiasme pengunjung acara tersebut menunjukkan bahwa seni tradisional Indonesia dapat diterima dengan baik di Rusia yang masyarakatnya dikenal sangat menghargai nilai-nilai seni dan budaya.

Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, yang turut hadir dan menyampaikan sambutan pada acara tersebut menggarisbawahi hubungan kedua negara yang semakin dekat, khususnya di bidang seni dan budaya.

Acara dipandu langsung oleh kurator proyek seni Vasily Bychkov yang juga menjadi anggota the Creative Union of Artists of Russia, dan dihadiri oleh Direktur Galeri Na Kashirke, Kuzmina Lyudmila Mikhailovna, yang juga menjadi anggota kehormatan Dewan Seni Pemerintah Kota Moskow.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Bermain Gamelan di Prancis

    JAKARTA (EKSPOSnews): Siswa sekolah di Collège Jacques Prévert, Châteauneuf mengelar pertunjukan gamelan Jawa dan angklung yang dikemas dalam musik kontemporer dan digabungkan dengan penjelasan luk

  • 5 bulan lalu

    Gamelan Ditengah Kota Oxford

    LONDON (EKSPOSnews): Di tengah suhu kota Oxford, Inggris yang cukup dingin, penampilan Gamelan Degung Sekar Engal pimpinan Simon Cook dengan sinden Sicilia membawakan tembang Teupang Asih sebagai pemb

  • 6 bulan lalu

    Mahasiswa USU dan Undip Sabet Medali Emas di Moskow

    LONDON (EKSPOSnews): Tim mahasiswa Indonesia dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil memboyong tiga medali emas pada ajang kompetisi dan pameran inovasi inter

  • 7 bulan lalu

    Gamelan Jawa di Portugal

    LONDON (EKSPOSnews): Pementasan Gamelan Jawa berhasil memukau siswa-siswi Sekolah Dasar Alto do Minho di Alfragide, Portugal yang merupakan bagian dari program Resid ncias Art sticas bertujuan untuk m

  • tahun lalu

    Promosi Rendang Sampai ke Moskow

    MOSKOW (EKSPOSnews): Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama dengan pengusaha Minang yang tergabung dalam UKM mempromosikan makanan Rendang ke Rusia dalam acara Festival Indonesia yang diadakan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99