Kamis, 25 Mei 2017

XL Axiata Gandeng Ericsson Indonesia

Oleh: Alex
Kamis, 13 Apr 2017 02:54
BAGIKAN:
istimewa
XL.
JAKARTA (EKSPOSnews): PT XL Axiata Tbk. bekerja sama dengan Ericsson Indonesia menyelenggarakan uji coba teknologi 5G outdoor atau digelar di luar ruangan, yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

"Uji coba ini merupakan inovasi XL Axiata untuk menjadi yang terdepan dalam menjajaki dan mempersiapkan adopsi terhadap tren teknologi terbaru," kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, dalam penjelasan tertulis di Jakarta, Rabu 12 April 2017.

Menurut Dian, uji coba ini bagian dari upaya mempelajari lebih dalam mengenai seluk-beluk teknologi 5G dalam rangka persiapan untuk menyongsong implementasi teknologi jaringan tercanggih ini secara global di tahun 2020.

Teknologi 5G diklaim mampu menghadirkan kecepatan koneksi hingga 20 Gbps, jauh melebihi kemampuan teknologi 4G LTE yang baru sekitar dua tahun terakhir diimplementasikan di Indonesia. Teknologi jaringan tercanggih ini juga unggul pada sisi penghematan tenaga, bahkan hingga 1000x lebih efisien dibandingkan dengan teknologi perangkat saat ini.

"Selain mengetahui secara langsung keunggulan teknologi 5G, uji coba ini sekaligus menegaskan konsistensi XL Axiata selalu berinovasi menjadi operator terdepan dalam menjajaki dan mempersiapkan adopsi terhadap tren teknologi terbaru di masa depan," ujarnya.

Teknologi 5G diperkirakan mulai diimplementasikan secara global pada 2020 atau sekitar 3 tahun lagi, bahkan bisa lebih cepat karena saat ini pertumbuhan pelanggan/penggunaan layanan 4G sangat cepat sekali diluar prediksi.

"Berdasarkan pengalaman saat implementasi 4G, Indonesia harus memulai persiapan 5G lebih awal. Indonesia terlambat 3-4 tahun dalam implementasi 4G, tapi saat ini pertumbuhannya lebih cepat dari yang diperkirakan," ujar Dian.

Jika teknologi 5G dijalankan beberapa aplikasi yang siap digunakan adalah Virtual Reality, Autonomous Car, Augmented Reality, Robotic, da Real time collaboration.

Presiden Direktur Ericsson Indonesia dan Timor Leste Thomas Jul menjelaskan demo 5G bersama dengan XL Axiata tidak hanya membuktikan kepemimpinan Ericsson dalam teknologi bergerak generasi berikutnya, tetapi juga menunjukkan kesiapan jaringan yang ada untuk mendukung 5G dan ekosistem untuk membangun Internet of Things (IoT).

"Uji coba dengan XL Axiata juga menandai sebuah tonggak penting dalam mewujudkan visi pemerintah Indonesia untuk Digital Indonesia di tahun-tahun mendatang," kata Thomas.

Berbagai persiapan yang sudah dilakukan XL Axiata, sebagai bagian dari tahapan untuk mengimplementasikan teknologi 5G, diantaranya spektrum, core, perluasan jaringan optik ke seluruh wilayah Indonesia.

Untuk implementasi di Indonesia, teknologi jaringan 5G ini masih harus menunggu kesiapan regulasi dari pemerintah dan penyetaraan teknologi serta ekosistem secara teknis. Semua hal itu baru akan selesai pada kisaran tahun 2018 - 2020.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak