Sabtu, 26 Mei 2018

Lion Air Lolos Audit Internasional

Oleh: Jallus
Senin, 13 Mar 2017 18:30
BAGIKAN:
istimewa
Lion Air.
JAKARTA (EKSPOSnews): Maskapai Lion Air yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group telah lolos audit standar keselamatan penerbangan internasional atau resmi teregistrasi ke dalam IATA Operational Safety Audit (IOSA).

"Lion Air dinilai telah berhasil menyelesaikan audit internasional mengenai keselamatan dalam penerbangan sehingga kini terdaftar dan tergabung bersama IOSA, artinya kita sudah 'comply' (memenuhi) secara operasional tidak hanya ngomong," kata Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait usai penyerahan sertifikat IOSA di Jakarta, Senin 13 Maret 2017.

IOSA merupakan audit keselamatan penerbangan yang dilakukan berdasarkan standar Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).

Audit IOSA dirancang untuk mengkaji dan menilai manajemen operasional serta sistem control dari sebuah maskapai menggunakan lebih dari 900 standar harmonisasi internasional dan praktik yang telah direkomendasikan, di mana delapan disiplin diaudit dengan berkala secara konsisten.

Program IOSA memberikan manfaat seperti penghapusan redundansi audit, mengurangi biaya dan kebutuhan sumber daya audit.

"Kami dari Lion Air begitu bangga atas pencapaian ini, bahwa kami telah teregistrasi ke dalam IATA Operational Safety Audit," kata Edward.

Saat ini sudah tiga maskapai Lion Air Group yang teregistrasi ke dalam IATA Operational Safety Audit yaitu Thai Lion Air, Batik Air dan Lion Air.

"Ini adalah bukti bahwa di dalam Lion Air Group keselamatan selalu menjadi prioritas pertama kami," katanya.

Dengan didapatnya audit IOSA, Edward mengatakan kepercayaan terhadap maskapai akan semakin meningkat, terutama untuk meningkatkan investasi.

"Kita lebih percaya diri untuk mengajukan pinjaman ke bank-bank untuk melebarkan sayap bisnis," katanya.

Edward mengatakan saat ini pihaknya juga tengah menunggu hasil audit IOSA yang dilakukan kepada maskapai Wings Air dan Malindo Air.

Dia mengatakan yang dilakukan untuk memenuhi standar tersebut, yaitu pembenahan prosedur operasi standar (SOP) terkait penerbangan serta dokumentasi dan administrasi terhadap SOP tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden IATA untuk Kawasan Asia Pasifik Conrad Clifford mengatakan pihaknya sangat senang bisa menyerahkan hasil audit IOSA kepada Lion Air.

"Saya sangat senang memberikan sertifikat audit IOSA, ini penghargaan atas kerja keras dan komitmen dalam mencapai prestasi," katanya.

Conrad mengatakan audit tersebut telah dimulai pada tahun lalu dan setelah melalui pemenuhan standar yang cukup sulit, akhirnya Lion Air meraih hasilnya tahun ini.

"Tidak mudah untuk memenuhi instrumen, rekomendasi standar keselamatan secara sukses, terutama maskapai yang pernah mengalami kecelakaan dan insiden," katanya.

Dia berharap dengan diraihnya pencapaian tersebut, standar keselamatan Lion Air akan meningkat.

"Secara statistik, maskapai yang teregistrasi audit IOSA, mereka akan memenuhi standar keselamatan dan rekam jejak kecelakaan atau insiden akan berkurang," katanya.

Saat ini, lanjut dia, maskapai yang sudah teregistrasi audit IOSA sebanyak 400 maskapai di seluruh dunia, termasuk Lion Air dan Garuda Indonesia.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Pesawat Lion Air Rusak di Ternate

    TERNATE (EKSPOSnews): Pesawat Lion Air jenis boing 737 dengan nomor penerbangan JT 0897, mengalami kerusakan mesin di Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut), akibatnya tidak dapat melak

  • 3 minggu lalu

    Lion Air JT 787 Rute Makassar-Surabaya Diancam Bom

    MAROS  (EKSPOSnews): Lion Air member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi bahwa rute Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) tujuan Bandar Udara Ud

  • 3 minggu lalu

    Lion Air Cengkareng-Tanjung Pandan Dapat Ancaman Bom

    CENGKARENG (EKSPOSnews): Lion Air member of Lion Air Group menyampaikan bahwa pesawat Boeing 737-800NG beregistrasi PK-LJY yang melayani Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangeran

  • 4 minggu lalu

    Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Pesawat Lion Air

    GORONTALO (EKSPOSnews): Tim Gabungan dari bagian perawatan Lion Air, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PKPPK) Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Djalaludin Gorontalo berhasil

  • 4 minggu lalu

    14 Penerbangan Lion Air Group Dibatalkan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 14 penerbangan Lion Group dari dan ke Bandara Djalaluddin, Gorontalo, mengalami pembatalan menyusul pengumuman resmi otoritas bandar udara berupa perpanjangan penutupan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99