Senin, 26 Jun 2017

Lion Air Group Tingkatkan Kapasitas Kru

Oleh: Alex
Senin, 03 Apr 2017 20:05
BAGIKAN:
istimewa
Lion Air.
JAKARTA (EKSPOSnews): Lion Air Group akan meningkatkan kapasitas kru pesawat atas instruksi pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Perhubungan guna memperbaiki pelayanan kepada para penumpang.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut usai konferensi pers di Kemenhub mengatakan pihaknya akan melakukan perbaikan sistem dengan menambah perbandingan satu pesawat terdiri dari 3,5 set kru (1:3,5) menjadi satu pesawat lima set kru.

"Kami membuat sutu manajemen komitmen, bahwa kami sampaikan ke Dirjen, kekuatan kru sudah memenuhi 1:3,5. Dengan frekuensi penerbangan yang sudah sangat banyak, kami akan naikkan indeksnya menjadi 1:5," katanya.

Sehingga, lanjut dia, kebutuhan awak pesawat dalam membantu operasional pesawat dapat berjalan secara lancar.

"Kami sudah memutuskan mengganti karena frekuensi yang padat dan besar. Kami akan mengganti sistem rotasi dengan yang lebih membantu operasional kami, baik rotasi pesawat atau krunya," katanya, Senin 3 Apri 2017.

Dia menjelaskan, dalam komposisi kru 1:3,5 pada saat itu frekuensi penerbangan Lion Air Group masih di bawah 350 frekuensi per hari.

Saat ini, lanjut Daniel, pihaknya membutuhkan sistem yang bisa mengakomodasi rotasi kru dengan maksimal frekuensi 1000 penerbangan per hari."Harus menggunakan sistem yang baru, sistem teknologi informasi untuk rotasi pesawat maupun awak pesawat. Ini harus sinergi, mudah-mudahan dalam waktu dua bulan bisa," katanya.

Daniel mencontohkan komposisi set kru 1:5, artinya dalam satu pesawat terdapat 10 pilot.

"Saat ini dengan 100 pesawat, kita punya 1. 000 pilot idealnya, kita arahnya ke situ," katanya.

Namun, dia menyebutkan saat ini Lion Air Group hanya memiliki 800 pilot.

Selain itu, berdasarkan instruksi Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Daniel mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pesawat cadangan di sejumlah kota untuk mengantisipasi gangguan, termasuk pesawat berbadan lebar.

"Kami menambah pesawat di beberapa kota tambahan juga, jika mengalamu kendala di beberapa wilayah belakangan ini," katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso meminta kepada Manajemen Lion Air untuk meningkatkan rasio kru pesawat agar jika terjadi gangguan, bisa tertangani dengan baik dan tidak terjadi keterlambatan penerbangan.Agus menjelaskan rasio minimal antara pesawat dan kru, yaitu 1:3,5, artinya satu pesawat terdapat 3,5 set kru.

"Kami mengharapkan lebih dari situ karena penumpukan penumpang dengan alsan teknis itu perlu pertukaran kru dan harus ditata bagus di dalam," katanya.Dia menambahkan Lion juga harus meningkatkan rotasi dari jadwal kru tersebut dengan tidak melampaui jam kerja serta menyiapkan pesawat cadangan.

Agus memberikan waktu selama dua bulan kepada Lion Air Group untuk melakukan perbaikan tersebut. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Lion Air Group Larang Penggunaan Samsung Galaxi Note 7

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sejumlah maskapai nasional melarang penggunaan ponsel meskipun dalam keadaan moda pesawat atau "flight mode" selama berada di dalam pesawat. Public Relations Ma

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak