Selasa, 14 Agu 2018

Indosat Bangun BTS di Perbatasan

Oleh: marsot
Jumat, 22 Des 2017 05:22
BAGIKAN:
istimewa.
Indosat.
BALIKPAPAN (EKSPOSnews): Operator telekomunikasi Indosat Ooredo mendapat mandat membuka isolasi komunikasi bagi kampung-kampung di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia dengan membangun menara "base transceiver station" (BTS).

"Kami akan membangun 63 BTS mulai dari Sambas, Sintang, Putussibau, Malinau, sampai Nunukan," kata Kepala Divisi Operasi Jaringan Kalimantan Indosat Ooredo, Andri, di Balikpapan, Kamis 21 Desember 2017.

Tugas seperti ini juga diberikan kepada operator seluler yang lain, yaitu Telkomsel, yang mengerjakannya sejak 2016.

BTS atau secara sederhana disebut menara komunikasi adalah seperangkat alat yang menjadi penghubung alat komunikasi atau gawai dengan gawai lainnya, baik dalam area yang sama maupun berbeda.

Setiap BTS yang akan dibangun Indosat bisa menampung koneksi secara serentak untuk 100 gawai sekaligus. BTS itu mampu melayani komunikasi orang yang berada dalam radius 5 km, juga dengan bantuan satelit komunikasi.

Untuk sementara, tambahnya, BTS-BTS perbatasan ini baru melayani jaringan 2G atau cukup untuk telepon dan pengiriman pesan pendek.

Menurut Andri, untuk pengadaan BTS di daerah-daerah yang terpencil itu, diadakan kerja sama untuk berbagi peran oleh sejumlah pihak.

Untuk pengadaan lahan bagi menara, pemerintah setempat yang bertanggung jawab, setelah diusulkan titik koordinat peletakan BTS itu oleh Indosat selaku pihak yang menguasai aspek teknis.

Kemudian, pemerintah daerah menjadi pihak yang menanggung biaya pembangunan dan pemeliharaan, termasuk juga memilih kontraktor yang akan membangun BTS itu.

Ia menambahkan, biaya pembangunan BTS di daerah terpencil itu bisa mencapai tiga kali lipat daripada BTS di kota, yang lebih kurang Rp600 juta hingga Rp700 juta.

Mengingat lokasi kerja yang jauh, nyaris tidak ada kontraktor biasa yang mau mengerjakan proyek pembangunan BTS itu. Beberapa pemerintah kabupaten lalu meminta tolong TNI, yang kemudian menurunkan pasukan zeni bangunan untuk mengerjakan proyek tersebut.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Indosat Antisipasi Lonjakan Trafik

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo dalam upaya mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi jelang dan selama Lebaran 2018 meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 11.394 TeraByte per hari yang

  • 3 bulan lalu

    Indosat Curang, Sedot Pulsa Pelanggan Prabayar

    JAKARTA (EKSPOSnews): Para pelanggan seluler prabayar Indosat mengeluhkan pulsanya berkurang terus setiap hari meski tidak digunakan, dan meminta perusahaan ini berhenti berbuat kecurangan yang merugi

  • 4 bulan lalu

    Indosat Akan Taat Terhadap Peraturan Pemerintah

    BANDAR LAMPUNG (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo akan taat terhadap peraturan pemerintah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan data Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga dalam registrasi

  • 5 bulan lalu

    Indosat Mendorong Pelanggan Pascabayar

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Indosat Ooredoo Tbk. mendorong peningkatan pelanggan pascabayar (postpaid) di wilayah Jawa Timur, karena wilayah tersebut memiliki pelanggan loyal dibanding beberapa daerah l

  • 5 bulan lalu

    Indosat Mengimbau Pelanggan Kartu Prabayar Registrasi Ulang

    JAKARTA (EKSPOSnews): Indosat Ooredoo mengimbau pelanggan segera registrasi ulang kartu prabayar demi keamanan dan kenyamanan terhadap potensi data diketahui pihak lain serta menghindari pemblokiran l

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99