Senin, 11 Des 2017

AirAsia Buka Rute Jakarta-Makau

Oleh: Alex
Senin, 07 Agu 2017 18:55
BAGIKAN:
istimewa
AirAsia.
MAKAU (EKSPOSnews): Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Makau yang mulai beroperasi dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.Tangerang, Banten.

Dalam penerbangan perdana dari Terminal 2E Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Senin 7 Augustus 2017 pada pukul 01.55 WIB itu, AirAsia membawa 171 orang penumpang.

"Penerbangan perdana ini 'load factor' (tingkat keterisiannya) sudah lumayan bagus, 80 persen," kata CEO AirAsia Makau dan Hong Kong, Celia Lao di Bandara Internasional Makau,Senin 7 Augustus 2017.

Pesawat jenis Airbus A-320 tersebut mendarat di bandara yang berlokasi di Pulau Taipa, Makau, itu tepat pukul 07.50 waktu setempat (06.50 WIB).

Sementara kembalinya ke Jakarta pada hari yang sama, maskapai asal Malaysia tersebut membawa 157 penumpang.

Untuk sementara, AirAsia beroperasi di rute tersebut sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Jumat, dan Minggu.

Mulai bulan depan, AirAsia akan menerbangi rute Jakarta-Makau sebanyak empat kali, yakni setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu.

Untuk penerbangan perdana tersebut, tiket dari Jakarta ke kota yang dikenal sebagai surga bagi para penjudi itu dijual seharga Rp888 ribu.

"Kalau melihat 'load factor'-nya kami optimistis prospek rute penerbangan ini sangat bagus," ujar Lao.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Hong Kong dan Makau, Tri Tharyat, mengatakan penerbangan baru tersebut akan membuat hubungan Indonesia dengan China semakin erat.

"Tentu saja hal ini berdampak positif bagi perekonomian, khususnya sektor perdagangan dan pariwisata," ujar Tri Tharyat dalam acara pembukaan rute baru tersebut di Bandara Internasional Makau.

Menurut dia, rute baru tersebut membuka kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing dari Makau selain juga membantu mempermudah kepulangan dan keberangkatan para tenaga kerja Indonesia di Makau.

"Ini juga membuka kesempatan bagi kita untuk menggaet turis dari Provinsi Guangdong (China), khususnya Zhuhai, yang biasanya mengunjungi Indonesia melalui Hong Kong," katanya.

Jalur Jakarta-Makau sebelumnya pernah diterbangi Sempati Air pada era 1990-an dan AirMacau.

Wisatawan Indonesia biasanya ke Makau menumpang feri dari Hong Kong dengan waktu tempuh 60-75 menit.

Pada tahun lalu, sekitar 185 ribu wisatawan Indonesia yang mengunjungi Makau melalui Hong Kong dengan rentang waktu kunjungan rata-rata sehari hingga dua hari.

Sementara jumlah WNI di Hong Kong tercatat sekitar 5.200 orang, sebanyak 2.500 di antaranya tenaga kerja wanita sebagai pembantu rumah tangga.

Pada tahun 2019 jembatan laut sepanjang 54 kilometer yang menghubungkan Hong Kong-Makau-Zhuhai diperkirakan sudah mulai beroperasi sehingga akan mempermudah jalur distribusi barang dan jasa.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    AirAsia Hanya Operasional Siang ke Denpasar

    DENPASAR (EKSPOSnews): AirAsia saat ini mengoperasikan sejumlah penerbangan dari dan menuju Denpasar, Bali hanya pada siang hari dikarenakan abu vulkanik yang tidak dapat terlihat dalam kegelapan, seh

  • 4 minggu lalu

    AirAsia Luncurkan AirAsia Loves Asean

    MANILA (EKSPOSnews): AirAsia meluncurkan 'AirAsia Loves Asean', sebuah rangkaian inisiatif yang berfokus pada pendidikan, pengembangan bakat dan ekonomi untuk merayakan 50 tahun berdirinya A

  • 4 minggu lalu

    AirAsia Indonesia Luncurkan Layanan WiFi dalam Penerbangan di Indonesia

    TANGERANG (EKSPOSnews): AirAsia Indonesia hari ini secara resmi meluncurkan layanan WiFi dan inflight entertainment dalam penerbangan berbiaya hemat yang pertama di Indonesia. Layanan WiFi dan infligh

  • satu bulan lalu

    AirAsia Indonesia Buka 3 Rute Baru

    JAKARTA (EKSPOSnews): AirAsia Indonesia, afiliasi dari grup maskapai berbiaya hemat terbaik dunia, AirAsia, terus meningkatkan konektivitasnya dengan meluncurkan rute internasional terbaru yang menghu

  • 2 bulan lalu

    AirAsia Akan Beroperasi dari Terminal 4 Bandara Changi

    SINGAPURA (EKSPOSnews): AirAsia akan merelokasi operasionalnya di Bandara Changi Singapura dari Terminal 1 ke Terminal 4, efektif mulai 7 November 2017.Seluruh penerbangan AirAsia akan tiba dan berang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99