Sabtu, 26 Mei 2018

Widar Operasikan Pembangkit Listrik di Tanjung Balai Karimun

Oleh: Jallus
Kamis, 18 Jan 2018 13:23
BAGIKAN:
pln.co.id
Pembangkit listrik (ilustrasi).
BATAM (EKSPOSnews): Anak perusahaan PT PGN (Persero), PT Widar Mandripa Nusantara (Widar) mengoperasikan pembangkit listrik di Pulau Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Direktur Utama PT Widar, Rizal Wibisono di Batam,  mengatakan pembangkit itu mampu memasok listrik sebesar lima megawatt (MW) yang digunakan di Kawasan Perdagangan Bebas Zona II Tanjung Balai Karimun.

Untuk mengalirkan energi, PT Widar bekerjasama dengan PT Karimun Power Plant (KPP) selaku pemegang wilayah usaha kelistrikan di sana.

"Pencapaian ini adalah perwujudan dari komitmen kami untuk terus menyebarkan energi baik ke seluruh wilayah," kata Rizal, Kamis 18 Januari 2018.

Ia mengatakan, penyaluran tenaga listrik sebesar 5 MW dilakukan bertahap sesuai kebutuhan di kawasan tersebut.

"Saat ini, mayoritas pengguna listrik di wilayah tersebut adalah sektor industri," ujar Rizal.

Rizal yakin, penambahan daya listrik oleh PT Widar memberi kemudahan bagi pelaku industri di Tanjung Balai Karimun, yang selama ini masih menggunakan mesin genset diesel milik industri masing-masing.

"Dengan adanya listrik yang dipasok PT Widar melalui KPP ini sekaligus membantu industri setempat untuk melakukan efisiensi energi," ujar Rizal.

Apalagi, bahan bakar yang digunakan PT Widar adalah gas alam, energi baik yang didukung PT Energi Powerindo Jaya (EPJ) yang bekerja sama dengan PT Power Operation Services (VPOS).

Sementara untuk pasokan gas, PT Widar menggandeng anak perusahaan PGN lainnya, PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) serta PT Environment Technology International (ETI).

"Bentuknya berupa 'Compressed Natural Gas' (CNG)," kata dia.

Ia berharap sinergi antar berbagai perusahaan itu terus berlanjut demi mewujudkan komitmen PGN, untuk menyalurkan energi baik ke pelosok Indonesia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Bangka Tengah Butuh Pembangkit Listrik Baru

    KOBA (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membutuhkan investor baru untuk merealisasikan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapas

  • 6 bulan lalu

    Musi Bayuasin Akan Bangun Pembangkit Listrik

    MUSI BAYUASIN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, saat ini tengah melakukan persiapan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dengan kapasitas 20 megawatt di D

  • 7 bulan lalu

    Pemkab Musi Bayuasin Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

    MUSI BAYUASIN (EKSPOSnews): Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, berupaya mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk mengatasi masalah belum adanya aliran listrik PLN

  • 7 bulan lalu

    Pembangkit Listrik di Aceh Akan Ditambah

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merencanakan tambahan Pembangkit Listrik sebesar 2.837 MW hingga tahun 2026.Berdasarkan keterangan dari Kemen

  • 7 bulan lalu

    Bangka Belitung Akan Bangun Pembangkit Listrik

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan potensi logam tanah jarang guna mewujudkan kemandirian energi di daerah

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99