Minggu, 21 Jul 2019

Warga Miskin Padangpariaman Dapat Sertifikat Gratis

Oleh: Agung
Rabu, 07 Jun 2017 12:38
BAGIKAN:
marsot
Sertifikat (ilustrasi).
PARIT MALINTANG (EKSPOSnews): Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat pada 2017 memperoleh jatah sebanyak 1.700 persil sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk lahan warga miskin.

"Awalnya Padangpariaman memperoleh sebanyak 500 persil, namun pada Juli nanti ada penambahan sebanyak 1.200 persil," kata Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, Arya Widya Wasista di Parit Malintang, Rabu 7 Juni 2017.

Ia menambahkan dari jatah yang disediakan pemerintah tersebut baru 113 warga yang mendaftarkan tanahnya melalui program PTSL.

Karena itu, ia mengimbau warga miskin yang ingin mendaftarkan tanahnya agar segera, BPN bahkan sudah menggunakan sistem jemput bola agar pendaftaran tanah masyarakat memenuhi kuota.

Ia menjelaskan kurangnya minat warga dalam mendaftarkan tanahnya melalui PTSL tersebut karena masih terkendala di pemerintahan adat di nagari masing-masing.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kepada warga yang ingin mengurus surat kepemilikan atas tanahnya melalui PTSL segera mengurus persyaratan di pemerintahan adat nagarinya masing-masing.

"Persyaratan tersebut yaitu seperti ranji, karena Padangpariaman sebagian besar merupakan tanah ulayat," ujarnya.

Selain itu ia juga meminta pemerintahan adat tidak mempersulit warganya dalam mengurus surat kepemilikan tanah tersebut karena dapat mengganggu pembangunan.

Sementara Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur meminta BPN melayani warga yang paling membutuhkan sertifikat melalui PTSL, hal ini penting guna meminimalkan pertengkaran antar warga di kemudian hari karena lahan.

"Apalagi tanah di Padangpariaman sebagian besar merupakan tanah ulayat yang cenderung terjadi pertengkaran," sebutnya.

Namun ia berharap dengan adanya PTSL itu membuat hak waris dari ulayat tersebut tertarik untuk menyertifikatkan tanah mereka agar nanti tidak terjadi pertengkaran dengan pihak lain.

"Apalagi untuk mendaftarkan tanah melalui PTSL itu gratis," kata dia.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Menyerahkan Sertifikat Gratis di Aceh Besar

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Jalil menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Besar.“Sertifikat tanah

  • 12 bulan lalu

    Ada Pungli pada Program Sertifikasi Gratis Pak Jokowi!

    PATI (EKSPOSnews): Warga Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengeluhkan tingginya biaya pengurusan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dikla

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99