Selasa, 20 Agu 2019

Walhi Gugat Pemberian Izin PLTA Batang Toru

Oleh: marsot
Kamis, 09 Agu 2018 03:11
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
MEDAN (EKSPOSnews): Wahana Lingkungan Hidup Indonesia, Sumatera Utara, menggugat izin lingkungan yang dikeluarkan untuk pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, ke Pengadilan Tata Usaha Negara Medan.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumut Dana Prima Tarigan, di Medan, mengatakan gugatan tersebut, juga bersama-sama dilakukan dengan Advokat/Pengacara yang ada di daerah itu.

Menurut dia, gugatan tersebut dilayangkan terhadap PT.NSHE terkait izin lingkungan dimiliki perusahaan itu, mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kecamatan Batang Toru.

"Proyek tersebut, dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan juga kerugian bagi masyarakat setempat, serta harus dihentikan," ujar Dana, Rabu 8 Augustus 2018.

Ia mengatakan, proyek PLTA itu, dapat merusak habitat, satwa liar dan tumbuhan yang dilindungi di Batang Toru.

PLTA tersebut, berada di kawasan hutan Batang Toru sebagai tempat hidup dan berkembangnya Orangutan Tapanuli atau "Pongo Tapanuliensis".

"Selain itu, kawasan hutan tersebut dihuni Harimau Sumatera, beruang madu, tapir, kambing hutan, burung enggang gading, dan tanaman bunga raflesia," ucap dia.

Dana menyebutkan, PLTA Batang Toru merupakan terbesar di Pulau Sumatera dengan kapasitas 510 MW, dan pembangunannya meliputi tiga kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan, yakni Sipirok, Marancar dan Batang Toru.

PLTA itu, dikerjakan sejak tahun 2016 dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2021.

"Proyek PLTA itu, dapat berdampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah hilir bendungan, karena sawah yang di pinggir sungai tidak akan bisa digarap lagi," kata Pemerhati Lingkungan itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    PLTA Batang Toru Kurangi Emisi Karbon

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, mampu mengurangi emisi karbon sebanyak 1,6 juta ton karbon setiap tahun di udara dengan meng

  • 5 bulan lalu

    Dasar Gugatan Indonesia ke WTO

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Bidang Pusat Penelitian Kelapa Sawit PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN) Suroso Rahutomo berharap agar pemerintah Indonesia memanfaatkan data dan hasil riset sawit di dala

  • 5 bulan lalu

    Indonesia Menangkan Gugatan Arbitrase Internasional

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah RI memenangkan gugatan arbitrase yang diajukan oleh Indian Metal Ferro & Alloys Limited (IMFA) dalam persidangan yang digelar di Den Haag, Belanda dan menyelamatkan ke

  • 10 bulan lalu

    Walhi Gugat Pemberian Izin Tambang Emas

    JAKARTA (EKSPOSnews): LSM Walhi mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta, atas penerbitan Surat Keputusan (SK) Badan Koordinasi Penanaman Modal yang memberikan izin usaha pertamban

  • 11 bulan lalu

    Walhi Tolak PLTA Batang Toru

    JAKARTA (EKSPOSnews):  Walhi Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan empat alasan menolak mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru di Tapanuli Selatan, yang dinilai mengancam habi

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99