Rabu, 14 Nov 2018

Uji Coba Kereta Api Bandara Soetta

Oleh: Jallus
Jumat, 24 Nov 2017 06:38
BAGIKAN:
istimewa.
Kereta Api.
JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta mulai 1 Desember 2017 dapat memindahkan 30 persen penumpang yang biasanya menggunakan mobil.

"Kita harapkan 30 persen orang yang menuju ke bandara akan berpindah menggunakan kereta ini. Kita yakini bisa digunakan masyarakat karena memang kereta api sangat digemari," kata Menteri Budi Karya saat meninjau pengoperasian Kereta Bandara di Stasiun Batu Ceper, Jakarta, Kamis 23 November 2017.

Budi menjelaskan masyarakat akan semakin praktis dan terfasilitas menuju Bandara karena Kereta Bandara terkoneksi dengan "Automated People Mover System" (APMS) atau skytrain yang berhenti di Terminal 1,2, dan 3.

Selain itu, tarif Kereta Bandara selama uji coba sampai 31 Desember 2017 dipatok dengan harga promo yakni Rp30.000 per orang dengan waktu tempuh 45 menit berangkat dari Stasiun Sudirman Baru.

Setelah beroperasi penuh pada 1 Januari 2018, tarif Kereta Bandara akan disesuaikan menjadi Rp100 ribu per penumpang.

Menurut Budi, tarif harga normal tersebut terbilang kompetitif jika dihitung per penumpang yang menggunakan taksi dari pusat Jakarta, yakni berkisar Rp200 ribu sampai Rp250 ribu.

"Kalau satu orang kompetitif, misal naik taksi dari Thamrin dua ratus sampai 250 ribu dan tidak sampai ke ujung bandara. Jumlah penumpang individual lebih banyak daripada yang ramai-ramai," ungkapnya.

Pada awal operasional, Kereta Bandara hanya melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

PT Railink menyebutkan telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan 82 perjalanan dan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. Satu rangkaian terdiri atas enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    Rangkaian Gerbong Kereta Api Mulai Uji Coba

    SOLO (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia yang beroperasi di rel jalur Pulau Jawa akan mengoperasikan 20 kereta api tambahan pada arus mudik Lebaran 2018."Tepatnya ada sebanyak 438 ra

  • 10 bulan lalu

    Uji Coba Lelang Gula Kristal

    JAKARTA EKSPOSnews): Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan uji coba pelaksanaan perdagangan gula kristal rafinasi (GKR) skala besar melalui pasar lelang komoditas pada 15-17 Januari 2018

  • 12 bulan lalu

    Uji Coba Rel Kereta Api Sulawesi

    MAKASSAR (EKSPOSnews): Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo melakukan uji coba 16 km pertama rel Kereta Api Trans Sulawesi Tahap Pertama Makassar-Barru."Semuanya sudah terpasang deng

  • tahun lalu

    Bus Trans Binjai Mulai Uji Coba

    BINJAI (EKSPOSnews): Sebanyak empat unit bus Trans Binjai di Binjai, Sumatera Utara, mulai menjalani masa uji coba setelah peluncurannya dilakukan oleh Wali kota, guna diperuntukkan melayani masyaraka

  • 2 tahun lalu

    UJI COBA RANTIS TANK

    Danramil Plaosan Kapten Inf Budi Purwanto beserta anggotanya melaksanakan  Pam dan pengawalan dalam rangka uji coba Ran Tis Tank Oleh Kemhan RI  . Adapun  tim pelaksanaan teknis da

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99