Selasa, 07 Jul 2020

UMKM Diutamakan Isi Res Area Tol Trans Sumatera

Oleh: Jallus
Jumat, 01 Feb 2019 12:19
BAGIKAN:
istimewa.
Tol Trans Sumatera.
BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi Hutama Karya Rizal Sutjipto mengatakan bahwa pengembangan wilayah "rest area" Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lebih baik diperuntukan dan diisi oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin membuka usaha.

"Nantinya tidak ada namanya makanan luar negeri, minuman luar negeri. Semuanya hanya diisi oleh para UKM dan UMKM, masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya," kata Rizal Sutjipto, dihubungi dari Bandarlampung, Jumat 1 Februari 2019.

Menurutnya, tempat istirahat tersebut nantinya dapat membantu dan membuka peluang usaha masyarakat.

Selain itu, usaha UKM dan UMKM di area istirahat JTTS akan menjadi yang pertama. Ia mengatakan bila sudah membantu para koperasi, UKM dan UMKM, berarti sudah membantu perekonomian masyarakat kecil, dan dapat meeningkatkan pendapatan.

"Semua UKM dan UMKM harus tersedia nantinya di masing-masing tempat 'rest area' dan bisa memperkenalkan keunggulan Lampung kepada pengunjung," katanya.

Rizal menjelaskan, selain UMKM dan UKM, para pengrajin juga diperbolehkan untuk membuka dan berjualan di area peristirahatan yang tersedia di sepanjang JTTS.

Dengan dijualnya kerajinan serta berbagai jenis barang dari UKM dan UMKM, kata dia, maka Lampung bisa mengenalkan dan memasarkan songket, tapis, batik, keripik pisang, kopi, dan masih banyak lain, ke masyarakat luas.

Sementara itu, sejumlah warga berharap UMKM dan UKM yang akan menempati lokasi tersebut harus diseleksi ketat. Sebab, bisa saja alasan UMKM atau UKM tetapi pemiliknya adalah mereka yang bermodal besar, dan menempatkan pekerja di sana.

"Harus diseleksi secara ketat. Jangan sampai pemodal besar yang menguasai, sementara yang benar-benar UMKM atau UKM tidak mendapatkan lapak di sana," harap Haryo, warga Bandarlampung.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Tol Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatra dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, Terbanggi Besar, dan Palembang sudah mulai ramai dilalui pemudik pada Kamis, atau tujuh hari seb

  • tahun lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  • tahun lalu

    Tol Trans Sumatera Makin Ramai

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar semakin ramai dilintasi mobil pribadi, bus, dan truk barang, baik dari arah Pelabuhan Bakauheni ke Kota Bandarlampun

  • tahun lalu

    UMKM Binaan Pertamina

    JAKARTA (EKSPOSnews): Sebanyak 12 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kain mitra binaan PT Pertamina (Persero) mencatat omset sekitar Rp500 juta.Vice President Corporate Communication Pertamina Fajr

  • tahun lalu

    Tol Trans Sumatera Akan Dilengkapi Rest Area

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini M Soemarno menyebutkan akan ada pembangunan delapan tempat istirahat (rest area) di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar."A

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99