Senin, 22 Jul 2019

Tol Trans Sumatera Berikan Dampak Ekonomi Signifikan

Oleh: alex
Kamis, 07 Mar 2019 06:23
BAGIKAN:
jasa marga
Tol Trans Sumatera (TTS).
MEDAN (EKSPOSnews): Jalan tol trans Sumatera dari Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 kilometer  diproyeksikan akan menambah  Penerimaan Asli Daerah (PAD)  di wilayah itu  sebesar Rp300,8 triliun selama  2018-2048, kata Brahmantio Isdijoso, Direktur Pengelolaan Risiko Keuangan Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, di Medan.

Brahmantio mengatakan itu pada pertemuan dengan pemimpin redaksi surat kabar harian nasional Jakarta, diselanggarakan oleh PT Hutama Karya (Persero) membahas "Kupas Tuntas Tol Trans Sumatera".

Brahmantio mengatakan kabupaten/kota yang mendapatkan potensi tambahan PAD terbesar adalah Sumatera Utara, dan diperkirakan mendapatkan 78 persen atau setara Rp233 triliun.

Ia mengatakan jalan tol Trans Sumatera (JTTS) akan meningkatkan penerimaan Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan pajak-pajak lainnya bagi pemerintah pusat.

"Potensi penambahan penerimaan pajak selama periode  2018-2048 di Trans Sumatera sebesar minimal Rp2690 triliun," ujarnya di Medan, Rabu 6 Maret 2019.

Brahmantio menjelaskan, penyediaan infrastruktur berdampak mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan serta meningkatkan daya saing.

Anggaran pemerintah digunakan untuk proyek infrastruktur dasar terutama untuk proyek yang layak secara ekonomi, tetapi tidak layak secara finansial.

"Pembiayaan dari BUMN digunakan untuk proyek yang secara tradisional memang dikelola oleh BUMN sepert listrik, jalan tol dan perminyakan," katanya.

Pemerintah Indonesia mengamanatkan kepada PT Hutama Karya sebagai pengembang utama pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Jalan tol ini akan menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.765 kilometer.

Estimasi biaya i Jalan Tol Trans sebesar Rp476 triliun.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Tol Sumatera Mulai Dipadati Pemudik

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatra dari Pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandarlampung, Terbanggi Besar, dan Palembang sudah mulai ramai dilalui pemudik pada Kamis, atau tujuh hari seb

  • 2 bulan lalu

    Stok BBM di Tol Sumatera Habis

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Para pemudik yang melintas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Ruas Bakauheni ke Terbanggi Besar Provinsi Lampung diminta berhati-hati dan menjaga jarak dengan kendaraan la

  • 4 bulan lalu

    Tol Trans Sumatera Makin Ramai

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar semakin ramai dilintasi mobil pribadi, bus, dan truk barang, baik dari arah Pelabuhan Bakauheni ke Kota Bandarlampun

  • 5 bulan lalu

    Tol Trans Sumatera Akan Dilengkapi Rest Area

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini M Soemarno menyebutkan akan ada pembangunan delapan tempat istirahat (rest area) di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Bakauheni - Terbanggi Besar."A

  • 6 bulan lalu

    UMKM Diutamakan Isi Res Area Tol Trans Sumatera

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi Hutama Karya Rizal Sutjipto mengatakan bahwa pengembangan wilayah "rest area" Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lebih baik dip

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99