Selasa, 20 Nov 2018

Tirtanadi Bangun Penampungan dan Pengolah Tinja

Oleh: Jallus
Jumat, 05 Jan 2018 04:41
BAGIKAN:
istimewa.
Tirtanadi Medan.
MEDAN (EKSPOSnews): PDAM Tirtanadi bersama United States Agency International Development Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (USAID IUWASH PLUS) membangun penampungan dan pengolahan limbah tinja di Jalan Cemara, Medan.

"Rencananya akan diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada Selasa (9/1) mendatang," kata Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo di Medan, Kamis 4 Januari 2018.

Ia mengatakan, pembangunan tempat penampungan limbah tinja di kawasan Jalan Cemara tersebut guna menampung seluruh limbah tinja masyarakat Kota Medan.

Sebab, selama ini mobil tinja milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan usai menyedot limbah tinja masyarakat tidak diketahui lokasi pembuangannya.

Untuk itu, dengan adanya tempat penampungan dan pengolahan limbah tinja yang dibangun dengan menggunakan dana APBN tersebut, mobil tinja bisa membuang ke tempat tersebut.

"Alhamdulillah tempatnya sudah selesai dibangun dan dipergunakan. Malah beberapa mobil tinja milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan sudah membuang ke sana," katanya.

Menurut dia, kehadiran penampungan dan pengolah limbah tinja itu sangat penting dalam upaya penyelamatan lingkungan, dengan asumsi penduduk Kota Medan saat ini sekitar 2,5 juta jiwa, yang masing-masing per jiwa membuang tinja sekitar 0,5 kg per hari, maka sudah ribuan ton tinja yang dihasilkan dalam sehari.

"Kita nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk menyedot limbah tinja masyarakat. Tinja itu selanjutnya kita olah menjadi aman dan diusahakan menjadi sumber energi ke depannya seperti briket mau pun pupuk yang ada baku mutunya," katanya.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengaku sangat mengapresiasi dibangunnya tempat pembuangan dan pengolah limbah tinja tersebut, sehingga dengan demikian nantinya dapat menampung seluruh tinja warga Kota Medan.

"Kami menyambut baik program itu, diharapkan nanti dapat menampung seluruh limbah tinja warga Medan. Apalagi ada rencana limbah tinja itu akan diolah menjadi sumber energi seperti briket mau pun pupuk," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    PDAM Tirtanadi Bangun Instalasi Pengolahan Air

    MEDAN (EKSPOSnews): PDAM Tirtanadi Sumatera Utara akan membangun instalasi pengelolaan air (IPA) dengan memanfaatkan aliran Sungai Denai sebagai salah satu upaya memaksimalkan layananan air bersih kep

  • tahun lalu

    Layanan PDAM Tirtanadi Memang Brengsek

    MEDAN (EKSPOSnews): Lembaga Bantuan Hukum Medan meminta manajemen Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan tidak mengecewakan dalam penyediaa

  • tahun lalu

    PDAM Tirtanadi Kembangkan 5 Pengolahan Air Bersih

    MEDAN (EKSPOSnews): PDAM Tirtanadi memprogramkan pengembangan dan pembangunan lima instalasi pengolahan air guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Medan dan sekitarnya.Dalam rapat dengan Komisi C

  • 2 tahun lalu

    Manajemen PDAM Tirtanadi Medan Tak Becus

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Utara merencanakan penambahan penyertaan modal untuk Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Rp185,12 miliar. Dalam nota KUA-PPAS Perubahan APBD

  • 2 tahun lalu

    PDAM Tirtanadi Diminta Profesional Melayani Pelanggan

    MEDAN (EKSPOSnews): Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirtanadi diminta bisa merealisasikan target cakupan pelayanan air minum di Medan, Sumatera Utara sebesar 85 persen pada tahun 2018. &

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99