Minggu, 19 Mei 2019

Timah Susun Masterplan Reklamasi Tambang

Oleh: marsot
Rabu, 20 Feb 2019 17:32
BAGIKAN:
istimewa.
Tambang.
BUKIT LAYANG (EKSPOSnews0: PT Timah Tbk. menyusun rencana induk (master plan) kegiatan reklamasi lahan bekas penambangan bijih timah, agar kegiatan penghijauan di lahan kritis lebih optimal dan sesuai peraturan berlaku.

"Mudah-mudahan masterplan reklamasi tahun ini cepat selesai, sehingga memperkuat komitmen PT Timah untuk menghijaukan lahan bekas tambang ini," kata Direktur Operasi dan Produksi PT Timah Tbk. Alwin Albar di Bukit Layang, Bangka Belitung, Rabu 20 Februari 2019.

Ia mengatakan penyusunan masterplan kegiatan reklamasi tahun ini, karena adanya Permen Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN tentang kegiatan reklamasi lahan bekas tambang.

"Kementerian ESDM berkeinginan lahan bekas tambang ini harus direklamasi 100 persen dan ini cukup sulit, apalagi masih adanya aktivitas tambang-tambang ilegal di lahan yang sudah direklamasi perusahaan," ujarnya.

Oleh karena, PT Timah Tbk. berharap Kementerian ESDM memberikan kemudahan perusahaan dalam mereklamasi lahan bekas penambangan bijih timah ini.

"Kita banyak menemukan lahan yang sudah ditanami berbagai tanaman bermanfaat untuk peningkatan ekonomi masyarakat dibongkar lagi oleh penambang ilegal," katanya.

Menurut dia, dalam mencari solusi dan cara efektif mengatasi penambangan di lahan reklamasi ini, PT Timah sedang mempersiapkan langkah dan konsep yang saat ini sedang disusun bersama event organizer.

"Pada prinsipnya, PT Timah berkomitmen melakukan reklamasi dan memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya. Ia menambahkan PT Timah melakukan reklamasi lahan bekas tambang 400 hektare per tahun, sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menghijaukan kembali lahan kritis tersebut.

"Dalam mereklamasi lahan bekas tambang ini, kita harus mengikuti regulasi berlaku, agar anggaran kegiatan tersebut dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Timah Siagakan Tim Emergency

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. menyiagakan tim emergency response group (ERG) 24 jam, guna mengantisipasi banjir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama musim hujan di daerah itu."Saat

  • 7 bulan lalu

    Timah Latih BUMDes Bangka Belitung

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. melatih dan mendampingi pengurus badan usaha milik desa (BUMDes) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengembangkan usaha dan ekonomi masyarakat yang m

  • 7 bulan lalu

    Polri Amankan Pasir Timah di Bangka

    SUNGAILIAT (EKSPOSnews): Tim Badan Reserse Kriminal Mabes Polri didampingi Tim Ditkrimsus Polda Kepulauan Bangka Belitung mengamankan sembilan karung besar pasir timah dari pabrik peleburan timah (sme

  • 7 bulan lalu

    Evaluasi Tambang Timah di Karimun

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto memerintahkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengevaluasi keberadaan tambang timah di sekitar Kabupaten Karimun."

  • 8 bulan lalu

    Timah Salurkan Dana Bina Lingkungan

    PANGKALPINANG (EKSPOSnews): PT Timah Tbk. menyalurkan bantuan dana Program Bina Lingkungan triwulan III/2018 sebesar Rp442 juta sebagai komitmen perusahaan meningkatkan kualitas sumber daya manusia ma

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99