Rabu, 24 Jul 2019

Tidak Semua Pembangkit PLN Gunakan B20

Oleh: marsot
Kamis, 29 Nov 2018 03:07
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan Listrik Negara (PLN).
JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memastikan tidak semua pembangkit listrik yang dikelola PLN bisa menggunakan energi biodiesel (B20) yang diwajibkan oleh pemerintah.

"Beberapa daerah tidak mungkin, terus pembangkit yang aero-derivative, tidak bisa. Kadang-kadang, kalau gas itu pasokannya tidak ada, kita pakai HSD (high speed diesel)," katanya usai mengikuti rapat koordinasi mengenai penerapan B20 di Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Sofyan memastikan sebagian besar pembangkit listrik yang tidak bisa memanfaatkan energi B20 berada di daerah pendalaman dan terpencil yang membutuhkan biaya transportasi tinggi untuk akses.

"Dalam arti kata akan jauh lebih mahal akhirnya. Biaya transportasi dan lain sebagainya. Misalkan di pulau terpencil di bagian timur NTT atau pendalaman Papua, untuk membawa B20 ke sana kan sulit sekali," ujarnya.

Untuk itu, menurut dia, pembangkit listrik yang berada di kawasan tertinggal dan terluar masih diperbolehkan menggunakan bahan bakar solar dengan HSD, sambil secara pelan-pelan nantinya memakai energi baru terbarukan.

Meski demikian, Sofyan memastikan sebagian besar pembangkit listrik di Jawa dan Sumatera sudah menggunakan energi biodiesel dan tidak lagi memakai solar sebagai bahan bakar utama.

"Di Sumatera itu hampir semua diesel kita sudah B20. Karena sumbernya banyak dan kalau dipakai sekarang jadinya murah. Jadi kita pakai B20," kata Sofyan.

Pemerintah mewajibkan penggunaan B20 sejak awal September 2018, untuk mengurangi impor migas terutama solar, yang selama ini menjadi salah satu penyebab tingginya defisit neraca transaksi berjalan.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 tahun lalu

    Program B20 Serap Minyak Sawit

    JAKARTA (EKSPOSnews): Program B20 biodiesel yang dilaksanakan melalui Kementerian ESDM sebagai solusi energi terbarukan tersebut telah menyerap 2,7 juta kiloliter (KL) biodiesel sawit sepanjang 201

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99