Rabu, 12 Des 2018

Terminal Peti Kemas Domestik Belawan Raih Sertifikat ISPS Code

Oleh: master sihotang
Minggu, 21 Jan 2018 17:08
BAGIKAN:
istimewa.
Terminal Petikemas Domestik Belawan.
MEDAN (EKSPOSnews): Terminal Petikemas Domestik Belawan (TPKDB) yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1, telah mendapat sertifikat International Ship and Port Security (ISPS) Code dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sertifikat ISPS Code atau Sertifikat Pengamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan, yang diterima pada 10 Januari 2018 tersebut, menunjukkan Terminal Petikemas Domestik Belawan, telah memenuhi fasilitas pelabuhan dengan ketentuan SOLAS 74 bab XI-2 dan bagian A dari Peraturan Internasional untuk keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan (ISPS Code) yang menunjukkan bahwa fasilitas pelabuhan ini telah diverifikasi dan beroperasi sesuai rancangan keamanan fasilitas pelabuhan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan dari IMO (International Maritime Organization).

TPKDB sebagai terminal pelabuhan yang melayani domestik wajib harus menerapkan system ISPS Code sejak terbitnya Peraturan Menteri Nomor  134 tahun 2016 dimana pelabuhan domestik juga diwajibkan untuk menerapkan ISPS code.  

"Kami bersyukur TPKDB berhasil mendapatkan Sertifikat ISPS Code ini. Sertifikat ini merupakan salah satu persyaratan internasional dari IMO terhadap pelabuhan yang melakukan bongkar muat kapal serta merupakan bukti dari komitmen Pelindo 1  untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan khususnya dalam hal keamanan atas kapal-kapal yang berkunjung dan kelengkapan fasilitas pelabuhan yang kami kelola," ujar ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami.

Fiona menambahkan, sertifikat ISPS code yang diterima TPKDB ini menambah daftar pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo 1 yang telah memiliki sertifikat ISPS Code. Hingga saat ini, pelabuhan yang telah memiliki ISPS Code adalah Belawan International Container Terminal (BICT), Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Dumai, Terminal Petikemas Perawang, Pelabuhan Tanjung Pinang, Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Lhokseumawe, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Pelabuhan Kuala Tanjung, dan Pelabuhan Sungai Pakning.

Wilayah yang masuk area ISPS Code ditetapkan sebagai area yang steril (Restricted Area) dalam operasi pelayanan kapal maupun pelayanan barang. Setiap orang yang akan beraktivitas di TPKDB diberi Pass ISPS Code, rompi keselamatan (Safety Vest Reflective) dan helm oleh Security termasuk kendaraan semua diperiksa guna meningkatkan tingkat keamanan, TPKDB  juga telah menyiapkan fasilitas pendukung berupa pengamanan double pada gate masuk .

Dalam memberikan pelayanan aktivitas bongkar muat kapal, TPKDB telah dilengkapi alat bongkar muat jenis CC 4 unit, Rubber Tyred Gantry (RTG) 5 unit, Harbour Mobile Crane (HMC) 3 unit, head truck 18 unit, side loader 2 unit, forkilift 1 unit dan Reach Stacker 8 unit. Saat ini TPKDB melayani bongkar muat petikemas  rata rata per bulan  33.000 Box atau 39.500 TEUs per Bulan.

Sertifikat ISPS Code tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelancaran arus distribusi logistik, khususnya ke wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.

"Sertifikat ISPS Code di TPKDB, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan mitra kerja untuk memanfaatkan fasilitas pelabuhan kami serta makin mendorong peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan bongkar muat kami," tutup Fiona.


  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99