Sabtu, 23 Jun 2018

THR Belum Dongkrak Daya Beli Masyarakat

Oleh: Jallus
Senin, 11 Jun 2018 13:24
BAGIKAN:
istimewa.
Uang.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Pengamat Ekonomi dari Universitas Riau, B Isyandi berpendapat perolehan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN dan karyawan di Provinsi Riau belum mampu mendongrak pola konsumsi masyarakat yang bergerak pada tren peningkatan.

"Tahun 2018 sepertinya sama dengan tren pertumbuhan ekonomi pada tahun 2017, dimana konsumsi nonpangan masyarakat sedikit menurun, seperti memenuhi kebutuhan sekunder, ganti HP baru, beli rumah atau kendaraan dan lainnya," kata B Isyandi di Pekanbaru, Senin 11 Juni 2018.

Menurut dia, perolehan THR seharusnya mampu memberi peluang percepatan pertumbuhan ekonomi dan pola belanja yang bergeser maju di daerah.

Ia mengatakan, konsumsi nonpangan masyarakat sedikit menurun lebih karena daya dorong pertumbuhan ekonomi juga sedikit melemah.

"Berbeda dengan pemenuhan untuk konsumsi pangan yakni kebutuhan sembako dan lainnya yang kondisinya terlihat masih stabil karena itu hanya untuk alasan mempertahankan hidup," katanya.

Ia memandang bahwa menurunnya daya beli atau pola belanja masyarakat antara lain dipicu oleh kecepatan inflasi, dan sebagainya.

Untuk mendongkrak laju pola konsumsi masyarakat tentunya diperlukan kebijakan pemerintah, yakni berupa pancingan untuk mengeluarkan kebijakan atau sejenis program guna mendorong konsumsi lebih naik lagi antara lain dengan meningkatkan tunjangan kerja dan tunjangan prestasi kerja mulai dari THR, gaji 13 atau gaji 14 itu.

"Kendati belum diyakini akan mampu memberikan peningkatan signifikan bagi pola konsumsi minimal bisa memberikan pengaruh terkait kebutuhan lebaran, mulai dari membeli baju baru, persiapan kue, mengecat rumah dan lainnya." katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    THR Kasad kepada Prajurit Cacat

    Kepala Staf Kodim 0819/Pasuruan Mayor Inf Subagya Pujiarno menyerahkan THR Kasad kepada personel penyandang cacat bertempat di Aula Kodim 0819 Pasuruan.Kelima personel penyandang cacat tersebut Kapten

  • 2 tahun lalu

    THR...THR!

    MEDAN (EKSPOSnews): Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Utara menegaskan bahwa para pengusaha anggotanya siap memberikan tunjangan hari raya, bahkan sejumlah perusahaan sudah memberikan THR."Tidak a

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99