Senin, 25 Mei 2020

Setiap Rumah Pakai Panel Surya

Oleh: marsot
Minggu, 07 Apr 2019 06:03
BAGIKAN:
istimewa.
Panel surya.
SURABAYA (EKSPOSnews): Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyarankan tiap rumah warga memakai “rooftop panel surya” sebagai solusi memenuhi kebutuhan listrik yang lebih murah.

Dia menjelaskan teknologi rooftop panel surya telah dibangun di 172. 996 rumah tangga di seluruh pelosok wilayah Indonesia selama empat tahun terakhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang selama ini tidak pernah teraliri listrik.

"Saat awal saya menjabat Menteri ESDM, terdata 2.500 desa dari Sabang sampai Merauke yang masyarakatnya selama ini sama sekali belum pernah melihat lampu," katanya, saat memberi kuliah umum di hadapan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Sabtu 6 April 2019.

Aliran listrik di 2.500 desa itu kemudian secara bertahap diupayakan menggunakan teknologi rooftop panel surya.

"Sampai sekarang sudah terpasang di 172.996 rumah tangga dan masih tersisa 98 ribu rumah tangga yang sampai sekarang secara bertahap masih sedang kami selesaikan," ucapnya.

Jonan pun menyebut rumah-rumah warga di Papua kini lebih modern karena telah menggunakan rooftop panel surya sebagai energi listrik dibandingkan dengan rumah-rumah warga di Pulau Jawa.

"Kalau perlu atap Kampus Universitas Katolik Widya Mandala ini segera diganti dengan rooftop panel surya, masak kalah dengan rumah-rumah warga di Papua," ujarnya.

Jonan memastikan energi listrik yang dihasilkan dari teknologi rooftop panel surya jauh lebih murah dibandingkan dengan listrik konvensional.

"Karena di rumah saya sendiri sudah memakai rooftop panel surya. Saya kan tidak tinggal di rumah dinas. Tiap hari saya pulang ke rumah sendiri. Biasanya dulu ketika pakai listrik konvensional tagihan sebulan bisa habis Rp4 jutaan. Setelah menggunakan rooftop panel surya, biaya listrik sebulan hanya sekitar Rp1 jutaan. Jadi memang jauh lebih hemat," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    2 Rumah di Bandarlampung Digeledah Densus 88

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Dua rumah di Kecamatan Enggal, Kota Bandarlampung, digeledah Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri dan Inafis Polresta Bandarlampung terkait dugaan terori

  • 7 bulan lalu

    40 Rumah di Kawasan Tua Palembang Terbakar

    PALEMBANG (EKSPOSnews): Diperkirakan sebanyak 40 rumah di kawasan tua Jalan Pangeran Ing Kenayan, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Palembang ludes terbakar dan menimbulkan korban luka.Wakil Ko

  • 8 bulan lalu

    Pemerintah Serahkan Rumah untuk Korban Gempa NTB

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menyerahkan 40 ribu unit rumah untuk korban gempa Nusa Tenggara Barat yang telah dibangun den

  • 9 bulan lalu

    Rumah Cantik Laras Ala PMN

    LARAS (EKSPOSnews): Diharapkan kegiatan Rumah Sakit Laras PT Prima Medica Nusantara (PMN) ini, dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar, sebut Direktur PT PMN Abdul Majid, ketika me

  • 10 bulan lalu

    Bank Jateng Bantu Rehabilitasi Rumah

    TEMANGGUNG (EKSPOSnews): Bank Jateng membantu rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 100 unit rumah dan jamban keluarga di Kabupaten Temanggung sebesar Rp1,5 miliar atau masing-masing uni

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99