Selasa, 21 Mei 2019

Serapan Dana Desa di Aceh Lumayan Bagus

Oleh: marsot
Minggu, 16 Des 2018 04:39
BAGIKAN:
istimewa.
Dana.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim menyatakan, hingga minggu ke dua bulan Desember atau menjelang akhir tahun anggaran 2018, serapan dana desa di Provinsi Aceh mencapai 85,04 persen.

"Hasil evaluasi pelaksanaan anggaran yang telah disalurkan melalui 7 KPPN di wilayah Aceh sampai dengan minggu kedua bulan Desember 2018 realisasi belanja telah mencapai 85,04 persen dari Pagu APBN," kata Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Provinsi Aceh, Zaid Burhan Ibrahim di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Sabtu 15 Desember 2018.

Pernyataan ini disampaikannya pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Dana Tranfer Daerah dan Dana Desa Tahun 2019 yang dihadiri Bupati/Walikota serta Unsur Forkompinda se-Provinsi Aceh.

DIPA tersebut diserahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ia menyampaikan, serapan dana transfer daerah berupa data fisik dan dana desa tahun anggaran 2018 tersebut telah disalurkan melalui tujuh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang tersebar se-Provinsi Aceh dan telah mencapai 92,3 persen atau sebesar Rp6,6 triliun.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menyatakan, sejak tahun 2015 hingga tahun anggaran 2019 melalui APBN pemerintah pusat terus menambah alokasi dana desa.

"Setiap tahun dana desa itu ditambah, pada 2014 Rp40 triliun, 2016 Rp60 dan pada tahun 2019 Bapak Presiden akan menaikkan lagi dana desa menjadi Rp70 triliun," sebut Mendes PDTT pada acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2018 di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Jumat.

Mendes PDTT juga mengingatkan, Pemerintah Desa agar mengalokasikan dana desa dengan baik seusai amanat undang-undang yakni, untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Pada tahun 2018 diketahui, Pemerintah Pusat melalui tujuh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) telah menyalurkan atau melakukan pencairan dana desa untuk 6.497 desa yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Ke tujuh KPPN di Provinsi Aceh meliputi, KPPN Banda Aceh, KPPN Langsa, KPPN Lhokseumawe, KPPN Meulaboh, KPPN Tapaktuan, KPPN Kutacane, serta KPPN Takengon telah melakukan pencairan dana desa pada tahap I Rp891,98 miliar, tahap II Rp1,7 triliun, dan tahap III Rp1,7 triliun.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 22 jam lalu

    Pesawat Tempur Prancis Tinggalkan Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Dua pesawat tempur Prancis jenis Rafale yang sebelumnya mendarat di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Blangbintang, Aceh Besar, karena kapal induk yang menjadi

  • 4 hari lalu

    BUMN Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri dari PT PLN, PTPN1 dan Adhi Karya, menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan menyantuni 1.000 anak yatim Aceh.Santunan anak yatim d

  • 5 hari lalu

    Rekapitulasi Nasional Provinsi Aceh, Prabowo Ungguli Jokowi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Hasil rekapitulasi nasional Provinsi Aceh yang dilakukan KPU RI di Jakarta, Rabu malam menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengungguli perolehan suara Jokowi-Ma�

  • 2 minggu lalu

    Pembunuhan Sadis di Aceh Utara

    LHOKSEUMAWE (EKSPOSnews): Polisi masih mendalami motif pelaku pembunuhan sadis yang menewaskan ibu dan dua anaknya, di Desa Ule Madon, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.“Terh

  • 2 minggu lalu

    Berburu Daging Meugang di Aceh

    Keniscayaan jika harga daging setiap menjelang puasa Ramadhan di seluruh Provinsi Aceh mencapai klimaksnya yakni di atas Rp150.000 per kilogram, bahkan terkadang bisa mencapai Rp200.000 per kilogram.S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99