Selasa, 16 Okt 2018

RAPP Bangun Pabrik Rayon

Oleh: marsot
Senin, 22 Jan 2018 02:55
BAGIKAN:
istimewa.
RAPP.
JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau pembangunan pabrik Asia Pacific Rayon (APR) yang merupakan pabrik rayon terintegrasi terbesar di Indonesia dengan nilai investasi sekitar Rp10,9 trilliun dan kapasitas produksi hingga 350.000 ton per tahun.

Airlangga memuji investasi dan komitmen APR dalam mendukung agenda pemerintah terhadap industri strategis tekstil nasional agar bisa berkompetisi di pasar global.

Pembangunan pabrik APR, yang merupakan hasil investasi PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), dinilai mampu mendukung industri tekstil nasional sehingga mengurangi ketergantungan impor atas bahan kapas dan rayon.

Rayon merupaka serat dari tumbuhan alami dan memiliki serapan lebih baik dari katun. Produk yang dihasilkan APR dapat dimanfaatkan ke berbagai macam industri, seperti alas tidur, pakaian, handuk, tisu basah untuk bayi, masker dan produk kebersihan lainnya.

Selain berorientasi pada aspek hilirisasi, pabrik APR juga mampu menyerap tenaga kerja baru sebanyak 4.230 orang pada tahap pembangunan dan 1.218 kesempatan kerja tersedia pada tahap operasional.

Pendirian pabrik APR ini juga berpotensi meningkatkan produk domestik regional bruto Provinsi Riau sebesar 1,49 persen dari sektor nonmigas serta mendorong geliat UMKM yang terlibat dalam kegiatan operasional pabrik.

Sementara itu, Direktur APR Thomas Handoko mengatakan operasional pabrik rayon tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar."Diharapkan dampak ekonomi untuk masyarakat sekitar," ujarnya, Minggu 21 Januari 2018.

Thomas menjelaskan bahwa dengan meningkatnya produksi serat rayon di Indonesia, APR akan mendukung rantai nilai produksi tekstil dalam negeri, mengurangi impor bahan baku dan memastikan daya saing kompetitif Indonesia secara global.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 9 bulan lalu

    RAPP Bangun Gedung Vokasi

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Gedung Baru Program Vokasi Pulp dan Kertas senilai Rp24,8 miliar bersama Tanoto Foundation

  • 12 bulan lalu

    RAPP Ditengah Penataan Lahan Gambut di Riau

    Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menemui ribuan buruh sektor kehutanan yang berunjuk rasa di Kota Pekanbaru, Senin.Arsyadjuliandi berjanji akan meneruskan aspirasi para demonstran kepada Kementeri

  • 12 bulan lalu

    Ribuan Buruh RAPP Tolak Kebijakan Kemen LHK

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Ribuan buruh dan pekerja PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menggelar aksi unjuk rasa menolak Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait regulasi gambut yang m

  • 12 bulan lalu

    RAPP Konsultasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Riau Andalan Pulp and Paper menyatakan mematuhi keputusan yang diambil oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta bakal berkonsultasi untuk mencari solusi terbaik b

  • 12 bulan lalu

    RAPP Dilarang Tanam Lahan Konsesi

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melarang PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) untuk melakukan penanaman kembali tanaman industri pada lahan konsesinya di Provinsi R

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99