Minggu, 31 Mei 2020

Perusahaan Tambang di Aceh Tak Miliki Pengawas Operasional

Oleh: marsot
Senin, 25 Feb 2019 20:41
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan tambang.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh menyatakan, banyak perusahaan pemegang izin usaha pertambangan (IUP) di provinsi itu tidak memiliki pengawas operasional.

"Dari data yang kami punya ternyata banyak pemegang IUP belum atau tidak memiliki pengawas operasional," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh Mahdinur di Banda Aceh, Senin 25 Februari 2019.

Pernyataan tersebut disampaikan Mahdinur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh Said Faisal pada pendidikan dan pelatihan pengawas operasional pertambangan.

Menurut Mahdinur, setiap perusahaan pemegang IUP wajib memiliki pengawas operasional yang mengantongi sertifikat kompetensi. Kewajiban tersebut diatur dalam perundang-undangan.

Saat ini, sebut Mahdinur, ada 28 perusahaan yang mengantongi IUP. Terdiri 24 perusahaan dengan IUP operasi produksi, dan empat lainnya IUP eksplorasi. Selain itu, ada juga lima perusahaan modal asing atau PMA mengantongi IUP yang dikeluarkan pemerintah pusat. Serta 300-an perusahaan pemegang IUP operasi produksi mineral bukan batu bara.

Mahdinur menyebutkan, pendidikan dan pelatihan tersebut merupakan upaya Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh melahirkan pengawas operasional pertambangan.

"Dengan pendidikan dan pelatihan ini diharapkan melahirkan pengawas operasional pertambangan yang memiliki kompetensi di Provinsi Aceh," kata Mahdinur.

Pendidikan dan pelatihan pengawas operasional pertambangan diikuti 35 peserta. Peserta merupakan utusan dari perusahaan-perusahan pemegang IUP di Provinsi Aceh.

Pelatihan dan pendidikan tersebut diadakan atas kerja sama Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Aceh dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batu Bara (PPSDM Geominerba) Kementerian ESDM.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Perusahaan Tambang Santuni Para Santri

    MEULABOH (EKSPOSnews): Perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batubara PT Mifa Bersaudara menyerahkan santunan Lebaran kepada ratusan santri serta dewan guru pesantren/dayah Serambi Aceh, di

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99