Rabu, 18 Sep 2019

Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Tertinggi di Sumatera

Sabtu, 03 Sep 2016 05:36
BAGIKAN:
ist
Dana penting untuk pertumbuhan ekonomi.

PADANG (EKSPOSnews): Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyampaikan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu dalam tiga triwulan terakhir cukup baik dan tertinggi di Sumatera.

"Pada triwulan IV/2016 pertumbuhan ekonomi Sumbar 5,74 persen, triwulan I/2016 5,49 persen dan triwulan II naik jadi 5,78 persen," kata Kepala perwakilan BI Sumbar Puji Atmoko di Padang, Jumat 2 September 2016.

Menurutnya pertumbuhan tersebut ditopang oleh konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah serta investasi yang mendorong meningkatnya daya beli masyarakat.

BI memperkirakan pada 2016 pertumbuhan ekonomi Sumbar dapat mencapai 5,7 persen, kata dia.

Namun ia agak sedikit khawatir dengan kebijakan penundaan dana alokasi umum (DAU) oleh pemerintah pusat kepada daerah karena secara tidak langsung akan mempengaruhi roda ekonomi.

"Tentu ada pengaruhnya karena salah satu penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi adalah belanja pemerintah," katanya.

Sementara, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar menyampaikan pertumbuhan ekonomi provinsi itu pada 2015 mencapai 5,41 persen atau melampaui pertumbuhan nasional yang hanya 4,79 persen.

"Meskipun melambat dibanding 2014 yang tumbuh 5,86 persen, namun angka tersebut masih positif," kata Kepala BPS Sumbar Dody Herlando.

Ia menyebutkan lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi adalah bidang informasi dan komunikasi mencapai 9,86 persen, pendidikan 8,92 persen dan transportasi serta pergudangan 8,07 persen.

"Ini menjadi suatu peluang dan dapat ditangkap sektor lain bahwa bidang informasi dan komunikasi tumbuh pesat di Sumbar," kata dia.

Kemudian, bila dilihat dari penciptaan sumber pertumbuhan ekonomi 2015, pertanian, kehutanan dan perikanan memiliki sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 1,04 persen, transportasi dan pergudangan 0,90 persen dan perdagangan besar-eceran dan reparasi mobil-sepeda motor sebesar 0,79 persen, lanjut dia.

Sementara, perekonomian Sumbar jika diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp178,81 triliun dan PDRB per kapita mencapai Rp34,41 juta.(ant)


  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Memanjakan Orang Sumbar dengan Kopi Gayo

    PADANG (EKSPOSnews): Kopi gayo khas Aceh menjadi minuman yang banyak diminati oleh pengunjung pada pameran Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) Nasional yang ke-47 di tama

  • 2 bulan lalu

    Kejati Sumbar Kejar 7 Terpindana Kasus Korupsi

    PADANG (EKSPOSnews): Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) memburu tujuh terpidana kasus korupsi yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)."Saat ini ada tujuh DPO terpidana kasus korupsi yang b

  • 2 bulan lalu

    Konflik Gajah Sumatera di Riau Melonjak

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Konflik gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) liar di Provinsi Riau dengan manusia menunjukkan kenaikan dua kali lipat pada tahun ini.“Dari data saat ini dalam periode

  • 2 bulan lalu

    Harimau sumatera di Way Kambas

    LAMPUNG (EKSPOSnews): Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dalam kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur segera disurvei kembali tahun ini untuk mengetahui pop

  • 3 bulan lalu

    Rel Kereta Api di Sumbar Mati Suri

    PADANG (EKSPOSnews): Sepanjang 210 kilometer dari 300 kilometer panjang lintasan rel kereta api di Sumatera Barat masih "mati suri" karena sejumlah kendala."Saat ini baru 90 kilometer lintasan yang ef

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99