Sabtu, 19 Jan 2019

Pertamina Berupaya Ambilalih Sumur Minyak Musi Bayuasin

Oleh: alex
Selasa, 21 Nov 2017 14:42
BAGIKAN:
energitoday.
Peetamina EP.
PALEMBANG (EKSPOSnews): PT Pertamina EP Asset berupaya mengambil alih sumur minyak di wilayah kerja dalam Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, yang bertahun-tahun dikuasai dan dikelola masyarakat secara ilegal.

Untuk mengambil alih 17 sumur minyak milik negara di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba Musi Banyuasin, mulai Selasa hingga Rabu (22/11) diturunkan tim gabungan untuk melakukan sosialisasi dan penertiban, kata Manajer Humas PT Pertamina EP Asset Muhammad Baron di Palembang, Selasa 21 November 2017.

Menurut dia, pengambilalihan sumur minyak tersebut diupayakan berjalan dengan aman dan damai serta sesuai dengan rencana.

Kegiatan penertiban sumur minyak tersebut difokuskan pada 17 sumur minyak ilegal di Desa Mangunjaya, Kecamatan Babat Toman, Musi Banyuasin.

Pengelolaan sumur minyak tanpa memiliki kontrak di lahan milik negara merupakan tindakan melanggar hukum yang pelakunya bisa diseret dengan pasal 52 UU No 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang ancaman hukumannya adalah penjara enam tahun dan sanksi berupa denda Rp60 miliar.

Selain melanggar hukum, kegiatan pengelolaan sumur minyak tanpa izin oleh masyarakat secara tradisional dan tidak menggunakan peralatan yang memenuhi standar teknis bisa membahayakan keselamatan jiwa dan menimbulkan pencematan lingkungan.

Selama ini di lokasi sumur minyak yang dikelola secara ilegal oleh masyarakat sering terjadi ledakan dan kebakaran yang mengakibatkan masyarakat di sekitar lokasi itu mengalami luka bakar dan meninggal dunia.

Kondisi ini tidak boleh dibiarkan terus berlangsung sehingga pihaknya mengupayakan penertiban dan pengambilalihan sumur minyak yang dikelola secara ilegal dengan menurunkan tim gabungan, katanya.

Dia menjelaskan, penutupan atau pengambialihan sumur yang ditambang secara ilegal di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba wilayah Musi Banyuasin itu dilakukan tim gabungan dengan melibatkan aparat TNI/Polri, Pertamina, dan SKK Migas Wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Pemerintah Sumatera Selatan, Pemkab Musi Banyuasin, dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendukung penertiban serta pengambilalihan sumur minyak yang bertahun-tahun dikelola masyarakat secara ilegal itu.

Dukungan penertiban pengelolaan sumur minyak milik negara secara ilegal oleh masyarakat di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba Musi Banyuasin, dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan Gubernur Sumsel Alex Nurdin dan penetapan pembentukan tim gabungan.

Jika penertiban dan pengambilalihan sumur minyak yang selama ini dikelola masyarakat secara ilegal bisa dilakukan dengan baik, dapat meningkatkan produksi minyak Pertamina EP secara nasional, kata Baron.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Pertamina Olah CPO Jadi LPG dan Bensin

    PALEMBANG (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) mulai mengolah minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Kilang Refinery Unit III Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, menjadi bahan bakar bensin dan LP

  • satu bulan lalu

    Pertamina Gandeng BUMNDes Bangun SPBU Mini

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) akan membangun 77.000 SPBU mini di seluruh pelosok daerah di Indonesia bekerja sama dengan BUMDes."Konsep green energy mulai diterapkan, dengan menggandeng

  • satu bulan lalu

    Pertamina Serahkan CSR

    BATAM (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan tanggung jawab sosial perusahaan senilai Rp350 juta untuk dua masjid dan Badan Kontak Majelis Taklim Kota Batam, Kepulauan Riau.Direktur

  • 2 bulan lalu

    Pertamina Salurkan Dana Kemitraan untuk Petambak Bratasena

    TULUNGAGUNG (EKSPOSnews): PT Pertamina MOR II Sumbagsel menyalurkan dana kemitraan senilai Rp31,4 miliar kepada para petambak udang di Desa Bratasena Adiwarna dan Bratasena Mandiri Kecamatan Dente Tel

  • 2 bulan lalu

    Pertamina dan Jasa Marga Akan Bangun SPBU di Jalan Tol

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pertamina dan Jasa Marga akan membangun sebanyak 10 SPBU di rest area yang ada di sepanjang jalan tol Trans Jawa. "2019 kami targetkan 10 SPBU tapi totalnya ada sebanyak 18 ti

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99