Sabtu, 22 Sep 2018

Pertagas Jadi Anak Usaha PGN

Oleh: marsot
Minggu, 01 Jul 2018 04:35
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan Gas Negara (PGN).
JAKARTA (EKSPOSnews): PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) pada Jumat (29/6), resmi menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement/CSPA) sebagai langkah mengkonsolidasikan Pertagas (anak usaha Pertamina) menjadi anak perusahaan PGN.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN F Harry Sampurno, dalam keterangannya, di Jakarta, mengatakan penandatanganan CSPA antara Pertamina dan PGN ini merupakan kesatuan proses dalam pembentukan Holding BUMN Migas yang resmi berdiri pada 11 April 2018.

"Dengan penandatanganan CSPA ini, PGN menjadi pemilik mayoritas Pertagas sebanyak 51 persen yang akan diselesaikan dalam waktu 90 hari ke depan," ujarnya, Sabtu 30 Juni 2018.

Menurut Harry, kesepakatan ini telah menerapkan tata kelola perusahaan dengan mematuhi Peraturan Perundangan yang berlaku, khususnya di bidang pasar modal secara transparan.

Integrasi Pertagas dan PGN wujud dari upaya BUMN dalam mengimplementasikan tugas sebagai agen pembangunan dalam meningkatkan nilai perusahaan serta mendorong perekonomian dan ketahanan energi nasional, melalui pengelolaan infrastruktur gas yang terhubung dari Barat hingga Timur Indonesia.

Ia menegaskan, Pemerintah melalui Kementerian BUMN memberikan apresiasi kepada manajemen Pertamina, PGN dan Pertagas yang secara simultan melakukan pembahasan teknis terkait integrasi tersebut sehingga kesepakatan ini bisa tercapai.

BUMN merupakan milik negara dan berarti milik rakyat membawa misi memberikan keuntungan bagi perekonomian negara. Dengan demikian, holding BUMN Migas ini diharapkan dapat menciptakan kedaulatan dan ketahanan energi yang pastinya membawa manfaat untuk masyarakat dan negara.

Harry juga menambahkan, melalui integrasi ini, Holding BUMN Migas diharapkan menghasilkan sejumlah manfaat di antaranya penciptaan efisiensi dalam rantai bisnis gas bumi sehingga tercipta harga gas yang lebih terjangkau kepada konsumen.

Selanjutnya, meningkatan kapasitas dan volume pengelolaan gas bumi nasional dan peningkatkan kinerja keuangan Holding BUMN Migas.

Integrasi ini juga pada akhirnya akan meningkatkan peran holding migas dalam memperkuat infrastruktur migas di Indonesia serta menghemat biaya investasi dengan tidak terjadinya lagi duplikasi pembangunan infrastruktur antara PGN dan Pertagas.

"Seluruh karyawan PGN dan Pertagas diharapkan bisa saling bahu-membahu guna menjalankan visi dan misi yang sama demi kemajuan perusahaan dan kesejahteraan karyawan. Kementerian BUMN akan terus memantau dan memastikan bahwa tidak akan ada PHK dalam proses integrasi ini dan semua karyawan akan tetap mendapatkan hak yang sama," ujarnya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    PGN Pasok Gas ke Musim Mas Martubung Plant

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN Area Medan mendapat pelanggan baru yakni PT Musim Mas Martubung Plant atau pabrik oleochemical milik grup Musim Mas di Medan Deli, Sumatera U

  • 2 bulan lalu

    Pengobatan Gratis Ala PGN

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): Program pengobatan Mobil Sehat Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Lampung kembali digelar untuk pemeriksaan kesehatan warga secara gratis."Kami menggelar pengobatan gratis di

  • 3 bulan lalu

    Kasdam Brawijaya Kunjungi Pos Satgas Pamtas RI-Papua Nugini

    BOVEN DIGOEL (EKSPOSnews): Dua bulan lagi, rencananya tugas Yonif Raider 500/Sikatan sebagai personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) di wilayah perbatasan Indonesa-Papua Nugini, re

  • 3 bulan lalu

    PGN Rampungkan Akuisi Pertagas

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. mengumumkan integrasi PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan anak usaha PT Pertamina, melalui proses pengambilalihan saham Pertagas

  • 6 bulan lalu

    PGN Alirkan Gas di Lampung

    BANDARLAMPUNG (EKSPOSnews): PT Peruasahaan Gas Negara (Persero) menyatakan kesiapannya untuk mengalirkan gas bumi untuk masyarakat Kota Bandarlampung, Lampung."Gas bumi siap dinikmati masyarakat Banda

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99