Jumat, 17 Jan 2020

Pemprov Aceh Minta IUP PT Emas Mineral Murni Dibatalkan

Oleh: Jallus
Selasa, 23 Apr 2019 04:03
BAGIKAN:
istimewa.
Lokasi tambang.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Aceh meminta Badan Koordinasi Penanam Modal (BKPM) Republik Indonesia meninjau ulang pemberian izin usaha pertambangan atau IUP kepada PT Emas Mineral Murni (EMM).

"Kami sudah menyurati Ketua BKPM meminta peninjauan kembali IUP PT EMM," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Banda Aceh, Senin 22 April 2019.

Nova Iriansyah menyebutkan, surat peninjauan kembali tersebut merespons aspirasi masyarakat yang mendesak pencabutan izin pertambangan PT EMM di Beutong, Kabupaten Nagan Raya dan Celala, Kabupaten Aceh Tengah.

Plt Gubernur Aceh menyatakan, pihaknya telah membentuk tim percepatan penyelesaian sengketa pemberian izin usaha pertambangan PT EMM.

Selain meminta BKPM meninjau IUP PT EMM, pemerintah provinsi itu juga mencabut rekomendasi Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam dengan nomor 545/12161 tertanggal 8 Juni 2006 tentang rekomendasi kuasa pertambangan eksplorasi kepada PT EMM.

"Peninjauan IUP dan pencabutan rekomendasi karena pemprov memiliki pandangan yang sama dengan seluruh komponen masyarakat Aceh untuk menyelamatkan lingkungan hidup," kata Nova Iriansyah.

Selain itu, sebut Plt Gubernur Aceh, sektor pertambangan belum menjadi prioritas pihaknya. Kebijakan Pemerintah Aceh lebih menitik beratkan sektor industri kecil dan menengah.

Nova Iriansyah menyesalkan adanya berbagai dokumen pendukung hingga terbitnya IUP eksploitasi emas di Aceh yang dikeluarkan oleh BKPM RI.

Penerbitan izin tersebut diduga bertentangan dengan Pasal 156 UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh. Di mana pasla tersebut menyebutkan Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota di Aceh mengelola sumber daya alam sesuai dengan kewenangannya.

"Pemprov Aceh akan terus berupaya menyelesaikan sengketa pemberian IUP kepada PT EMM. Dan paling utama adalah bagaimana menyelamatkan lingkungan hidup Aceh yang tertuang dalam visi dan misi kami," pungkas Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 12 bulan lalu

    Pemprov Aceh Akan Buka IPDN

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Pemerintah provinsi (Pemprov) Aceh dengan dukungan masyarakatnya akan membuka kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di provinsi paling Barat Indonesia.Kami sedang mem

  • 2 tahun lalu

    Pemprov Aceh Kerja Sama dengan Pertamina

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Aceh melakukan penandatanganan joint venture (kerja sama) pengelolaan energi panas bumi Seulawah untuk pembangkit listrik guna memenuhi kebutuhan energi di

  • 3 tahun lalu

    Bagus...SIUP dan TDP Tak Perlu Diperpanjang. Kapan Giliran SIUJK?

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pemerintah daerah bersama dengan asosiasi diharapkan mengawal pelaksanaan regulasi terkait deregulasi terkait dengan penghapusan kewajiban pendaftaran ulang surat izin usaha perd

  • 3 tahun lalu

    PTPN II Diupayakan Tak Rugi Lagi

    MEDAN (eKSPOSnews): Manajemen PT.Perkebunan Nusantara II menargetkan bisa mencapai titik impas atau "break event point" (BEP) setelah tahun-tahun sebelumnya terus merugi. "Denga

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99