Kamis, 16 Agu 2018

Pembangunan Toba Samosir Masih Lambat

Oleh: Jallus
Jumat, 26 Jan 2018 14:59
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangunan di Toba Samosir.
BALIGE (EKSPOSnews): Capaian pembangunan di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara dinilai belum maksimal akibat kurangnya perhatian dari para pemangku kepentingan di daerah yang terletak di pinggiran danau Toba tersebut.

"Padahal idealnya, sebagai ibukota kabupaten, representasi pembangunan menyeluruh harus bisa tergambarkan secara total," kata pemerhati pembangunan Parlin Sianipar di Balige, Jumat 26 Januari 2018.

Pembangunan dimaksud, lanjutnya, bukan hanya diwujudkan melalui kemajuan infrastruktur dan sarana fisik, akan tetapi termasuk pembangunan mental spritual dan prilaku manusia yang menyangkut kepedulian.

Semua pihak harusnya lebih berperan dalam memberikan perhatian untuk memajukan daerah yang sangat potensial dikembangkan menjadi objek wisata tersebut.

Alumnus Magister Teknik ITB Bandung ini menyebutkan, hampir tidak terlihat adanya kemajuan signifikan, pasca pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara sejak 1998 meski Bupatinya telah berganti hingga empat kali.

"Percepatan pembangunan, seharusnya bisa terlihat berproses dengan lancar, sehingga masyarakat dapat merasakan hasil kemajuan dalam berbagai sektor secara optimal," katanya.

Ia menggambarkan berbagai persoalan sering timbul akibat minimnya tingkat kepedulian para pihak yang seharusnya bisa teratasi, jika para pemangku kepentingan di daerah ini lebih jeli dalam menyikapi berbagai masalah atau setiap kendala yang menghadang.

Hal paling miris, kata dia penegakan supremasi hukum sepertinya juga tidak berjalan maksimal, sehingga berbagai tingkat kejahatan cenderung meningkat di daerah berpenduduk 180.694 jiwa itu.

Contoh kecil nyata, belum lama ini terungkap kasus asusila terhadap anak kandung yang dilakukan orangtua korban yang nota bene kejadiannya di kota Balige yang memiliki sebutan "Balige Raja".

Hal menyedihkan lainnya, seorang nenek tua yang sudah hampir uzur dalam waktu dekat harus berurusan dengan pihak aparat dengan penetapan vonis pengadilan akibat pelanggaran hukum yang dilakukannya. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Keterlambatan Lion Air Semakin Menjadi-Jadi

    JAKARTA (EKSPOSnews): Keterlambatan penerbangan pesawat Lion Air semakin menjadi-jadi dan tidak kenal waktu, karena tidak hanya siang hari, malam, bahkan pagi sekalipun sudah terjadi delay.Pada Selasa

  • 5 bulan lalu

    Perjualan Rumah Komersial Lambat

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Anggota Badan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (BPD REI) Kalimantan Barat yang juga Direktur PT Fachri Property Land, Mochammad Fachri mengatakan saat ini tren penjualan r

  • tahun lalu

    Pemadan Lambat Datang, Gudang Ludes Terbakar

    MEDAN (EKSPOSnews): Pemadam kebakaran dari Pemda Deli Serdang lama muncul, sehingga kebakaran sebuah gudang di Jl Binjai Medan sulit dipadamkan.Pengamatan di lapangan menunjukkan mobil pemadam kebakar

  • 2 tahun lalu

    Industri Perbankan di Sumut Melambat

    MEDAN (EKSPOSnews): Industri perbankan di Sumatra Utara diprediksikan akan sulit untuk mencapai pertumbuhan kredit 12%, meski perbankan perlahan menurunkan suku bunga kredit.Kepala Advisory Pengembang

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99