Rabu, 18 Jul 2018

Pelindo Ajak Pengusaha Aceh Gunakan Peti Kemas

Oleh: alex
Jumat, 13 Jul 2018 11:03
BAGIKAN:
istimewa.
Pelabuhan Malahayati, Aceh.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): PT Pelindo I selaku pengelola Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, mengajak pengusaha di Provinsi Aceh memanfaatkan jasa pengiriman barang dengan menggunakan peti kemas.

"Kami mengajak pengusaha Aceh memanfaatkan peti kemas untuk pengiriman barang," kata PMO Pengembangan Bisnis PT Pelindo I Jonedi di Krueng Raya, Aceh Besar, Jumat 13 Juli 2018.

Jonedi menyebutkan Pelabuhan Krueng Raya sejak dua tahun lalu sudah melayani pengiriman barang menggunakan peti kemas. Namun, pelayanan peti kemas tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh kalangan usaha di Aceh.

Padahal, sebut Jonedi, pengiriman barang menggunakan peti kemas lebih murah dibandingkan mengangkutnya menggunakan truk melalui jalan darat. Dan ini tentu menguntungkan dari segi bisnis.

"Biaya satu peti kemas dari Jakarta di kisaran Rp10 juta. Satu peti kemas bisa memuat barang mencapai 24 ton. Waktu tempuh paling lama enam hari. Dengan biaya sebesar itu, tentu ongkos transportasi barang lebih murah dibandingkan lewat darat," papar Jonedi.

Selama ini, sebut Jonedi, pelayanan peti kemas di Pelabuhan Krueng Raya dimanfaatkan untuk mengangkut barang kebutuhan sehari-hari masyarakat seperi sabun, makanan ringan, rokok, dan lainnya.

"Keuntungan menggunakan peti kemas bisa dilihat dari harga barang di pasaran. Harganya tidak jauh beda dengan yang di Pulau Jawa. Hal ini terjadi karena biaya distribusinya ke Aceh bisa ditekan," ungkap dia.

Oleh karena itu, Jonedi mengajak kalangan pengusaha Aceh lainnya juga memanfaatkan pelayanan peti kemas di Pelabuhan Malahayati. Penggunaan peti kemas tidak hanya untuk memasukkan barang, tetapi juga mengirim komoditas ke luar Aceh.

"Apalagi saat ini Pelabuhan Malahayati alat angkat peti kemas yang mempercepat proses bongkar muat peti kemas dari dan ke kapal. Kami juga akan terus mengembangkan Pelabuhan Malahayati," kata Jonedi. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • kemarin

    Pelindo 1 Selenggarakan Pelatihan Bela Negara

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 melaksanakan Pelatihan Bela Negara di Kawasan Latihan Pertempuran Rindam I/ Bukit Barisan yang berlokasi di Aek Natolu, Lumbanjulu

  • 3 hari lalu

    Inilah Pemenang Lomba Foto Portair Pelindo 1

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengumumkan pemenang lomba foto yang digelar melalui media sosial instagram lewat akun @Pelindo1. Penyelenggaraan lomba foto tahun

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Tanjung Pinang Terapkan E-Money

    TANJUNG PINANG (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang dengan dukungan perbankan melakukan pembagian kartu e-money secara gratis kepada masyarakat. Hal in

  • satu bulan lalu

    Ribuan Pemudik Diberangkatkan Pelindo 1

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Ribuan warga Provinsi Riau antusias mengikuti program "Mudik Gratis Bareng Pelindo 1" karena dinilai memberikan kemudahan untuk pulang kampung pada perayaan Idulfitri 1439 H.Wa

  • satu bulan lalu

    Pelindo 1 Sediakan Bus Pemudik dari Batam

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 menggelar mudik bareng untuk Lebaran 2018 bagi masyarakat Sumatera Bagian Utara yang tiba di Pelabuhan Belawan, Minggu 10 Juni 2018.Usai pemberan

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99