Sabtu, 22 Sep 2018

Pelindo Ajak Pengusaha Aceh Gunakan Peti Kemas

Oleh: alex
Jumat, 13 Jul 2018 11:03
BAGIKAN:
istimewa.
Pelabuhan Malahayati, Aceh.
BANDA ACEH (EKSPOSnews): PT Pelindo I selaku pengelola Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, mengajak pengusaha di Provinsi Aceh memanfaatkan jasa pengiriman barang dengan menggunakan peti kemas.

"Kami mengajak pengusaha Aceh memanfaatkan peti kemas untuk pengiriman barang," kata PMO Pengembangan Bisnis PT Pelindo I Jonedi di Krueng Raya, Aceh Besar, Jumat 13 Juli 2018.

Jonedi menyebutkan Pelabuhan Krueng Raya sejak dua tahun lalu sudah melayani pengiriman barang menggunakan peti kemas. Namun, pelayanan peti kemas tersebut belum dimanfaatkan secara optimal oleh kalangan usaha di Aceh.

Padahal, sebut Jonedi, pengiriman barang menggunakan peti kemas lebih murah dibandingkan mengangkutnya menggunakan truk melalui jalan darat. Dan ini tentu menguntungkan dari segi bisnis.

"Biaya satu peti kemas dari Jakarta di kisaran Rp10 juta. Satu peti kemas bisa memuat barang mencapai 24 ton. Waktu tempuh paling lama enam hari. Dengan biaya sebesar itu, tentu ongkos transportasi barang lebih murah dibandingkan lewat darat," papar Jonedi.

Selama ini, sebut Jonedi, pelayanan peti kemas di Pelabuhan Krueng Raya dimanfaatkan untuk mengangkut barang kebutuhan sehari-hari masyarakat seperi sabun, makanan ringan, rokok, dan lainnya.

"Keuntungan menggunakan peti kemas bisa dilihat dari harga barang di pasaran. Harganya tidak jauh beda dengan yang di Pulau Jawa. Hal ini terjadi karena biaya distribusinya ke Aceh bisa ditekan," ungkap dia.

Oleh karena itu, Jonedi mengajak kalangan pengusaha Aceh lainnya juga memanfaatkan pelayanan peti kemas di Pelabuhan Malahayati. Penggunaan peti kemas tidak hanya untuk memasukkan barang, tetapi juga mengirim komoditas ke luar Aceh.

"Apalagi saat ini Pelabuhan Malahayati alat angkat peti kemas yang mempercepat proses bongkar muat peti kemas dari dan ke kapal. Kami juga akan terus mengembangkan Pelabuhan Malahayati," kata Jonedi. 

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Pelindo 1 Rapat Kerja Bahas RKAP 2019

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan RKAP tahun 2019 yang bertempat di Raung Selat Malaka Kantor

  • 4 hari lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan Pelayanan Prima

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 tahun 2018 ini meraih Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 dari Kementerian Perhubunga

  • satu minggu lalu

    Mengunjungi Industri Sotong Binaan Pelindo 1

    TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Barat mengunjungi industri sotong kering skala usaha kecil dan menengah binaan PT Pelindo I di Tanjungpinang, Kepu

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Kenalkan Pelabuhan pada Siswa SMA

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 hadir di tengah-tengah siswa SMA Negeri 7 Medan untuk memperkenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda. Kegiata

  • 2 minggu lalu

    Refly Harun Jadi Komisaris Utama Pelindo 1 Medan

    BOGOR (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyatakan, pencopotan Refly Harun sebagai Komisaris Utama PT Jasa Marga Persero hanya karena perputaran."Perputaran saja, biasa kami

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99