Kamis, 21 Mar 2019

PLN Jual Listrik di Papua Nugini

Oleh: alex
Jumat, 02 Nov 2018 03:01
BAGIKAN:
istimewa.
Perusahaan Listrik Negara (PLN).
JAYAPURA (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) segera menjual listrik ke Papua Nugini (PNG) sebesar 2 megawatt (MW) sebagai tindak lanjut dari kerja sama anatar Pemerintah Indonesia dengan PNG pada 2015.

"Penjualan listrik ke negara tetangga itu, saat ini kita masih dalam tahap pembagunan jaringan dari PLN Indonesia ke perbatasan PNG," ujar Manajer PLN Area Jayapura, Jon Semuel Yarangga, di Jayapura, Kamis 1 November 2018.

Ia menjelaskan saat ini kedua negara bertetangga itu sedang melakukan proses perjanjian Memorandum of Understanding (MoU), dan realisasinya diyakini akan dilakukan penandatanganan pada bulan ini.

Karenanya kini PLN tengah berupaya mempercepat proses pembangunan infrastruktur kelistrikan ke arah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura.

"Saat ini, pengerjaan jaringan ke PNG itu sedang kita kebut, baik itu dari sisi kehandalannya maupun dari segi kebersihan jaringan itu sendiri," kata dia.

Jon menegaskan bila penjualan listrik tersebut terealisasi, pasokan energi untuk kawasan jayapura tidak akan terganggu karena saat ini tengah terjadi surplus daya hingga 25 MW.

Menurut dia, pemerintah PNG hanya meminta daya sebesar 2 MW untuk Kota Vanimo yang berbatasan langsung dengan Kota Jayapura.

"Pembicaraan kita sudah kita lakukan selama 4 kali, dua kali di Jayapura dan dua kali juga di Jakarta. Dan untuk urusan bayar-membayarnya, sepenuhnya hal itu akan menjadi urusan kedua negara, PLN sifatnya hanya mensuplai listrik," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Tidak Semua Pembangkit PLN Gunakan B20

    JAKARTA (EKSPOSnews): Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir memastikan tidak semua pembangkit listrik yang dikelola PLN bisa menggunakan energi biodiesel (B20) yang diwajibkan oleh pemerintah."Beberapa d

  • 4 bulan lalu

    Mengamankan Ganja di Perbatasan RI-Papua Nugini

    JAYAPURA (EKSPOSnews): Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) Yonif Para Raider 501 Kostrad selama bertugas kurang lebih sembilan bulan telah mengamankan sebanyak 4

  • 4 bulan lalu

    PLN Siapkan Tafo Mobile

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara menyiapkan sekitar 41 unit trafo "mobile" untuk menjaga pasokan listrik selama Natal dan Tahun Bar

  • 5 bulan lalu

    PLN Buka Pintu PLTA Koto Panjang

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) menyatakan terpaksa membuka pintu pelimpah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang karena debit air terus meningkat terutama air kiriman dari hulu Su

  • 6 bulan lalu

    KPK Beberkan Peran Dirut PLN di PLTU Riau-1

    JAKARTA (EKSPOSnews): Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK membeberkan sejumlah peran Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dalam pengadaan proyek "Independent Power Producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99