Rabu, 22 Nov 2017

PLN Ajak Gunakan Kompor Listrik

Oleh: Jallus
Rabu, 08 Nov 2017 13:30
BAGIKAN:
istimewa.
PLN.
PANGKALPINANG (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat beralih menggunakan kompor induksi atau listrik, karena lebih efisien dan murah dibandingkan kompor berbahan bakar minyak dan gas.

"Kompor listrik ini masyarakat tidak perlu lagi membeli minyak tanah dan mengisi ulang gas ke pangkalan atau warung," kata General Manajer PT PLN (Persero) Wilayah Kepulauan Babel, Susiana Mutia di Pangkalpinang, Rabu 8 November 2017.

Ia menjelaskan kompor listrik ini lebih efisien, efektif dan murah dibandingkan kompor berbahan bakar minyak tanah dan gas yang terkadang sulit diperoleh di masyarakat.

Misalnya, kalau masyarakat menggunakan dua tabung gas elpiji per bulan. Harga gas elpiji Rp170 ribu per kilogram, maka masyarakat akan menghabiskan Rp340.000 per bulannya.

Namun jika masyarakat menggunakan kompor listrik dengan pemakaian yang sama dengan gas elpiji itu tambahan listriknya hanya R250.000 per bulan.

"Jadi kompor listrik ini jauh lebih murah dibandingkan kompor gas, sehingga dapat meringankan beban atau mengurangi pengeluaran rumah tangga," katanya.

Menurut dia kompor listrik ini lebih aman dan sehat. Jadi tidak ada ledakan kompor gas yang merugikan masyarakat.

"Kompor listrik ini tidak ada pembakaran yang menimbulkan polusi udara dalam ruangan dapur atau rumah," ujarnya.

Untuk itu, kata dia pihaknya terus mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kompor induksi ini melalui sosialisasi, perlombaan memasak menggunakan kompor gas listrik dan lainnya.

"Pekan lalu kita menggelar lomba memasak ikan dan animo masyarakat mengikuti lomba menggunakan kompor listrik ini cukup tinggi," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 7 hari lalu

    PLN Ekspor Listrik ke Malaysia

    JAKARTA (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) akan memasok daya listrik sampai dengan kapasitas 300 MW dari Kalimantan ke wilayah Sabah, Malaysia.Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan pasokan daya terse

  • 7 hari lalu

    Akal-Akalan PLN untuk Membebani Pelanggan Pembayaran Abodemen

    JAKARTA (EKSPOSnews): Pengamat ekonomi energi dari UGM Fahmy Radhi meminta pemerintah konsisten menjalankan kebijakan penyederhanaan golongan pelanggan listrik rumah tangga nonsubsidi tanpa dengan men

  • 3 minggu lalu

    PLN Akan Pasang SPLU di Sumbar

    PADANG (EKSPOSnews): PT PLN Wilayah Sumatera Barat Area Padang, menargetkan pemasangan 34 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di Padang dalam upaya menyediakan terminal khusus untuk jaringan listrik

  • 2 bulan lalu

    PLN Akan Beli Listrik PTPN XI

    SURABAYA (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menyepakati perjanjian pembelian listrik dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI melalui penandatanganan kerja sama antarkedua institusi.Ma

  • 2 bulan lalu

    Awas...Petugas PLN Gadungan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mengimbau kepada masyarakat setempat agar mewaspadai dan tidak mudah percaya kepada oknum petugas berkedok PLN, yang datang men

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99