Rabu, 17 Okt 2018

Mulai April Transaksi Giro Diperketat

Oleh: Alex
Rabu, 15 Mar 2017 21:41
BAGIKAN:
istimewa
Bank Indonesia.
MANADO (EKSPOSnews): Bank Indonesia (BI) akan memberlakukan aturan baru untuk memperketat transaksi bilyet giro di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Hal ini dilakukan agar jangan sampai ada penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang yang tak bertanggung jawab," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sulut, Soekowardojo di Manado, Rabu 15 Maret 2017.

Dia mengatakan aturan tersebut akan berlaku mulai 1 April 2017 mendatang.

Lewat Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.18/41/PBI/2016 tentang Bilyet Giro yang dilengkapi oleh Surat Edaran (SE) BI No. 18/40/DPSP tentang Penyelegaraan Transfer Dana dan Kliring Berjadwal oleh BI.

Dua aturan ini mengatur detil atas transaksi giro, mulai masa berlaku bilyet giro, dari semula maksimal 70 hari plus 6 bulan, per 1 April kelak hanya berlaku 70 hari saja serta transaksi kliring giro.

Kemudian syarat formal yang berubah jika dulu tempat dan tanggal penarikan, tanda tangan penarik, kemudian untuk tanda tangan penarik antara lain tanggal penarikan, tanda tangan penarijan basah dan tanggal efektif.

Ia mengatakan kemudian jika aturan yang baru dapat diserahkan oleh pihak selain penerima, aturan yang baru harus diserahkan sendiri oleh penerima atau kuasa.

Selain itu, katanya, syarat formal dapat dimungkinkan diisi oleh pihak lain, sedangkan untuk yang baru syarat formal harus diisi oleh penarik pada saat penarikan bilyet giro.

"Untuk yang lama koreksi tidak dibatasi, sedangkan untuk aturan baru koreksi maksimal tiga kali," ungkapnya.

Dengan adanya aturan baru tersebut diharapkan tak ada lagi penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab, karena dengan aturam baru tersebut semakin jelas syarat mengenai bilyet giro.

Selain itu, BI mengeluarkan aturan ini untuk melindungi kepentingan pengguna dan penerima giro, baik itu bank, penerbit, maupun pemegang (penerima).

Dalam sosialisasi tersebut diikuti oleh bank umum yang ada di Sulut.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  komentar Pembaca

Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Redaksi

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

RSS

Kontak

vipqiuqiu99 vipqiuqiu99