Kamis, 27 Jun 2019

Menyisihkan Laba untuk Masyarakat

Oleh: alex
Sabtu, 18 Agu 2018 07:04
BAGIKAN:
istimewa.
Kementerian BUMN.
BALIKPAPAN (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyisihkan dua persen dari laba bersih untuk membiayai kegiatan pengembangan masyarakat dan tanggung jawab sosial perusahaan atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

"Dengan keuntungan Rp2 triliun, kami bisa menyisihkan Rp40 miliar untuk PKBL ini," ungkap Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani di Balikpapan, Sabtu 18 Augustus 2018.

Sedangkan PT Adhi Karya yang keuntungannya tahun lalu mencapai Rp525 miliar bisa membagi PKBL Rp10,5 miliar seperti disampaikan Direktur Keuangan PT Adhi Karya Entus Asnawi pada kesempatan yang sama.

Menurut Arryani, dana-dana tersebut disalurkan antara lain untuk kegiatan pemberian modal kerja bagi pengusaha mikro kecil menengah (UMKM) dan juga koperasi, melalui program dana bergulir.

Selain itu BUMN terlibat pada banyak kegiatan mulai dari pendidikan, olahraga, hingga penyelenggaraan acara-acara besar seperti Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang saat ini.

"Termasuk rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri," kata Kepala Biro Umum dan Hubungan Masyarakat Kementerian BUMN Wahyu Wibowo.

Di Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan BUMN Hadir untuk Negeri dikerjakan oleh Jasa Marga dan Adhi Karya dengan anggaran Rp800 juta, Ini bagian dari total anggaran Rp12 miliar untuk seluruh Indonesia.

Menurut Wahyu Wibowo, ada delapan kegiatan di dalam BUMN Hadir untuk Negeri, yaitu Siswa Mengenal Nusantara (SMN), BUMN Hadir di Kampus, Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Safari Ramadhan, Mudik Gratis, Peringatan Natal, Konservasi Badak, dan HUT Bersama BUMN.

Pada SMN tahun ini siswa asal Kaltim berkunjung ke Bali dan siswa dari Bali tinggal merasakan alam dan budaya Balikpapan dan Kalimantan Timur.

Termasuk bagian dari peringatan ulang tahun kemerdekaan adalah acara Jalan Sehat dan Pesta Rakyat di Lapangan Merdeka, Balikpapan, yang berlangsung mulai pukul 06.00 hingga 11.00 Wita.

Masih bagian dari peringatan hari kemerdekaan, adalah bantuan penyambungan listrik, air bersih, perbaikan rumah karyawan dan masyarakat, perbaikan sekolah rusak dan penambahan fasilitasnya, pembuatan taman bacaan, pemberian beasiswa, pasar rakyat, dan pembangunan prasarana umum.

Menurut Wahyu, Kementerian BUMN mengelola 115 badan usaha utama, yang merupakan hasil penciutan dari sebelumnya 149 buah. Jika ditambah anak-anak perusahaannya mencapai 700 perusahaan.

Kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri yang sudah berlangsung sejak 2014 itu juga bertujuan mengenalkan BUMN kepada masyarakat hingga peran dan fungsinya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 minggu lalu

    Pegawai BUMN Lebih Banyak Dukung Prabowo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah adanya penggerakan pegawai Badan Usaha Milik Negaera (BUMN) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk memenangkan pasangan calon (paslo

  • satu bulan lalu

    BUMN Santuni Anak Yatim di Aceh

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terdiri dari PT PLN, PTPN1 dan Adhi Karya, menggelar safari Ramadhan 1440 Hijriah dengan menyantuni 1.000 anak yatim Aceh.Santunan anak yatim d

  • 3 bulan lalu

    Keuntungan Perusahaan Pelat Merah Lumayan, yang Bangkrut Juga Ada!

    SIDOARJO (EKSPOSnews): Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan keuntungan seluruh BUMN secara total per tahun telah lebih dari Rp200 triliun, meningkat pesat dari ketika pertama dirinya dilantik memimpi

  • 3 bulan lalu

    Rini Soemarno Hadiri HUT BUMN di Sidoarjo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Rini Soemarno menghadiri rangkaian acara HUT Ke-21 BUMN  di GOR Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu pagi.Menteri BUMN had

  • 3 bulan lalu

    Rini Soemarno Hadiri HUT BUMN di Sidoarjo

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  Rini Soemarno menghadiri rangkaian acara HUT Ke-21 BUMN  di GOR Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu pagi.Menteri BUMN had

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99