Jumat, 21 Sep 2018

Mengunjungi Industri Sotong Binaan Pelindo 1

Oleh: marsot
Kamis, 13 Sep 2018 02:42
BAGIKAN:
marsot
Pelindo 1.
TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Barat mengunjungi industri sotong kering skala usaha kecil dan menengah binaan PT Pelindo I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Pejabat Pelaksana Keuangan Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo I Tanjungpinang, Budi, mengatakan, PD Adi Anugrah sebgai industi rumahan cukup maju, karena produknya diminati warga, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

"Industri rumahan ini sudah dibangun sejak 1991," ujarnya, Rabu 12 September 2018.

Budi menyatakan UKM pengelolaan sotong kering ini beberapa kali mendapat penghargaan dari kepala negara. UKM PD Adi Anugrah ini mulai mendapat pembinaan dari Pelindo I Tanjungpinang tahun 2008, dan telah beberapa kali dilibatkan di beberapa pameran yang digelar oleh BUMN.Selain mendapat bantuan uang pembinaan UKM dengan bunga kecil pertahun hanya tiga persen, industri pembuatan sotong kering ini juga mendapatkan bantuan kemasan dari yang berlogo Pelindo I.

PD Adi Anugrah ini saat ini terbilang cukup maju di Kepri, dengan mempekerjakan sepuluh orang karyawan mampu memproduksi 300 kilogram per bulan.

Sebagai daerah kepulauan industri ini tidak kesulitan, untuk mendapatkan bahan pokok salah satu pensuport bahan pokok sotong kering adalah berasal dari Kabupaten Lingga.

"Kami sangat terbantu dengan bantuan tersebut, dan banyak kemajuan yang dapat kami manfaatkan salah satunya pembelian peralatan pendukung," kata pemilik PD Adi Anugrah, Poniran.

Selain memperkenalkan satu persatu produk PD Anugrah, para peserta SMN dari Nusa Tenggara Barat juga diberikan kesempatan untuk mencoba membuatn sotong kering. Mulai dari proses pembersihan sotong, kemudian di kukus menggunakan oven dan diolah dengan mesin khusus hingga pengemasan.

Aziz salah satu peserta SMN dari NTB mengaku sangat terkesan dengan berbagai potensi Kepualauan Riau, bahkan menurutnya banyak makanan yang tidak ada di NTB, termasuk sotong kering.

Ia mengatakan, belum pernah menemukan sotong kering di Pulau Sumbawa.

"Sotong ini kalau ditempat kami, pernah ada tapi tidak dikeringkan. Kalau yang kering baru ini saya temukan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 hari lalu

    Pelindo 1 Rapat Kerja Bahas RKAP 2019

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan RKAP tahun 2019 yang bertempat di Raung Selat Malaka Kantor

  • 4 hari lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan Pelayanan Prima

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 tahun 2018 ini meraih Penghargaan Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2018 dari Kementerian Perhubunga

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Kenalkan Pelabuhan pada Siswa SMA

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 hadir di tengah-tengah siswa SMA Negeri 7 Medan untuk memperkenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda. Kegiata

  • 2 minggu lalu

    Refly Harun Jadi Komisaris Utama Pelindo 1 Medan

    BOGOR (EKSPOSnews): Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyatakan, pencopotan Refly Harun sebagai Komisaris Utama PT Jasa Marga Persero hanya karena perputaran."Perputaran saja, biasa kami

  • 4 minggu lalu

    SP Pelindo 1 Serahkan Bantuan Gempa Lombok

    MEDAN (EKSPOSnews): Serikat Pekerja PT Pelabuhan Indonesia I (SP Pelindo 1) menyerahkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Jumat 24 Agustus 2018. Bantuan ini d

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99