Jumat, 16 Nov 2018

Mengunjungi Industri Sotong Binaan Pelindo 1

Oleh: marsot
Kamis, 13 Sep 2018 02:42
BAGIKAN:
marsot
Pelindo 1.
TANJUNGPINANG (EKSPOSnews): Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Nusa Tenggara Barat mengunjungi industri sotong kering skala usaha kecil dan menengah binaan PT Pelindo I di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Pejabat Pelaksana Keuangan Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo I Tanjungpinang, Budi, mengatakan, PD Adi Anugrah sebgai industi rumahan cukup maju, karena produknya diminati warga, wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara.

"Industri rumahan ini sudah dibangun sejak 1991," ujarnya, Rabu 12 September 2018.

Budi menyatakan UKM pengelolaan sotong kering ini beberapa kali mendapat penghargaan dari kepala negara. UKM PD Adi Anugrah ini mulai mendapat pembinaan dari Pelindo I Tanjungpinang tahun 2008, dan telah beberapa kali dilibatkan di beberapa pameran yang digelar oleh BUMN.Selain mendapat bantuan uang pembinaan UKM dengan bunga kecil pertahun hanya tiga persen, industri pembuatan sotong kering ini juga mendapatkan bantuan kemasan dari yang berlogo Pelindo I.

PD Adi Anugrah ini saat ini terbilang cukup maju di Kepri, dengan mempekerjakan sepuluh orang karyawan mampu memproduksi 300 kilogram per bulan.

Sebagai daerah kepulauan industri ini tidak kesulitan, untuk mendapatkan bahan pokok salah satu pensuport bahan pokok sotong kering adalah berasal dari Kabupaten Lingga.

"Kami sangat terbantu dengan bantuan tersebut, dan banyak kemajuan yang dapat kami manfaatkan salah satunya pembelian peralatan pendukung," kata pemilik PD Adi Anugrah, Poniran.

Selain memperkenalkan satu persatu produk PD Anugrah, para peserta SMN dari Nusa Tenggara Barat juga diberikan kesempatan untuk mencoba membuatn sotong kering. Mulai dari proses pembersihan sotong, kemudian di kukus menggunakan oven dan diolah dengan mesin khusus hingga pengemasan.

Aziz salah satu peserta SMN dari NTB mengaku sangat terkesan dengan berbagai potensi Kepualauan Riau, bahkan menurutnya banyak makanan yang tidak ada di NTB, termasuk sotong kering.

Ia mengatakan, belum pernah menemukan sotong kering di Pulau Sumbawa.

"Sotong ini kalau ditempat kami, pernah ada tapi tidak dikeringkan. Kalau yang kering baru ini saya temukan," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 17 jam lalu

    Pelindo 1 Selenggarakan Workshop Manajemen Pelabuhan

    MEDAN (EKSPOSnews): Untuk meningkatkan kualitas, kompetensi, dan keterampilan pegawai, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bekerja sama dengan  United Nations Conference on Trade an

  • 5 hari lalu

    Pelindo 1 Tamah Peralatan di Terminal Domestik Belawan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 datangkan 4 unit alat bongkar muat peti kemas Rubber Tyred Gantry (RTG) di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) pada Mingg

  • satu minggu lalu

    Pelindo 1 Raih Penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memperoleh penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2018 untuk kategori Business P

  • 4 minggu lalu

    SP Pelindo 1 Serahkan Bantuan Bencana Palu

    MEDAN (EKSPOSnews): Serikat Pekerja PT Pelabuhan Indonesia I (SP Pelindo 1) menyerahkan bantuan untuk korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala - Sulawesi Tengah. Bantuan

  • satu bulan lalu

    Pelindo 1 Perkuat Sinergitas

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe menggelar Port Community yang bertema "Sinergi untuk Kemajuan dan Pertumbuhan Regional" di Lido Graha Hotel pad

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99