Minggu, 22 Okt 2017

Mengoperasikan Bus Trans Metro di Pekanbaru

Oleh: Alex
Kamis, 06 Jul 2017 04:21
BAGIKAN:
istimewa
Bus Trans Metro.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru akan mengoperasikan sebanyak 84 unit sarana angkutan umum massal bus Trans Metro Pekanbaru di ibu kota Provinsi Riau tersebut pada 2018.

"Tahun depan seluruh unit sebanyak 84 bus akan kita operasikan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Pekanbaru, Wisnu Harryanto di Pekanbaru, Rabu 5 ZJuli 2017.

Dengan dioperasikannya seluruh armada bus tersebut, ia berharap pelayanan angkutan kebanggaan masyarakat Kota Bertuah yang melayani Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar itu dapat berjalan maksimal.

Sejauh ini, pengelola Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) hanya mengoperasikan sebanyak 45 unit. Seluruh bus itu melayani sebanyak delapan koridor, yang beberapa diantaranya dinilai cukup padat pada jam-jam tertentu.

Sementara, apabila seluruh armada kembali diaktifkan, maka dua koridor lainnya yang sempat ditutup, yakni koridor 5 dan 7 akan kembali diaktifkan.

"Koridor 5 sungai Duku-Sudirman dan koridor 7 rute Jalan Kartama. Bus itu juga akan memaksimalkan koridor yang sekarang. Semua koridor akan aktif," urainya.

Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mengoperasikan bus bantuan Kementerian Perhubungan untuk memperkuat armada bus TMP untuk melayani 10 koridor sejak awal tahun ini.

Sebanyak 25 unit bus ukuran sedang dengan kapasitas 35 penumpang dari Kemenhub pada Desember 2016 silam. Dengan adanya penambahan tersebut, secara keseluruhan Pekanbaru memiliki 84 bus.

Namun hingga kini baru 45 bus yang dimanfaatkan, terdiri dari 15 bus ukuran sedang dan 30 bus ukuran besar yang dimanfaatkan. Keterbatasan anggaran menjadi masalah bagi operasional seluruh bus tersebut. Meski begitu, pemerintah menyatakan pengoperasian akan dilakukan secara bertahap.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    Renovasi Pasar Modern di Pekanbaru Hampir Rampung

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru menyatakan renovasi fisik Pasar Higienis di ibu kota Provinsi Riau senilai Rp1,2 miliar tersebut mencapai 70 persen."Insha Al

  • satu minggu lalu

    Trans Metro Diminati Warga Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru menyatakan sebanyak 10.000 warga ibu kota Provinsi Riau tersebut menggunakan jasa bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) setiap harinya."Bus TMP menga

  • 2 minggu lalu

    Bentrokan Mahasiswa di Pekanbaru Memalukan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pengamat Pendidikan Provinsi Riau Soemardi Taher mengaku sedih dan malu atas peristiwa bentrokan antara mahasiswa Fisipol dan Teknik Universitas Riau pada Kamis (5/10) malam hi

  • 2 minggu lalu

    Wali Kota Pekanbaru Haramkan Fee Proyek. Apa Benar?

    PEKANBARU (EKSPOSnews):  Wali kota Pekanbaru, Firdaus MT melarang atau mengharamkan adanya praktik setoran fee untuk mendapatkan proyek pemerintah yang dalam belakangan ramai dibicarakan di kalan

  • 2 bulan lalu

    Mobil Sampah untuk Pekanbaru Bakal Ditambah

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru mengajukan penambahan 50 unit armada mobil pengangkut sampah senilai Rp4 miliar dengan sistem sewa pada APBD Perubahan 2017

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99