Jumat, 18 Agu 2017

Mengoperasikan Bus Trans Metro di Pekanbaru

Oleh: Alex
Kamis, 06 Jul 2017 04:21
BAGIKAN:
istimewa
Bus Trans Metro.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru akan mengoperasikan sebanyak 84 unit sarana angkutan umum massal bus Trans Metro Pekanbaru di ibu kota Provinsi Riau tersebut pada 2018.

"Tahun depan seluruh unit sebanyak 84 bus akan kita operasikan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Pekanbaru, Wisnu Harryanto di Pekanbaru, Rabu 5 ZJuli 2017.

Dengan dioperasikannya seluruh armada bus tersebut, ia berharap pelayanan angkutan kebanggaan masyarakat Kota Bertuah yang melayani Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar itu dapat berjalan maksimal.

Sejauh ini, pengelola Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) hanya mengoperasikan sebanyak 45 unit. Seluruh bus itu melayani sebanyak delapan koridor, yang beberapa diantaranya dinilai cukup padat pada jam-jam tertentu.

Sementara, apabila seluruh armada kembali diaktifkan, maka dua koridor lainnya yang sempat ditutup, yakni koridor 5 dan 7 akan kembali diaktifkan.

"Koridor 5 sungai Duku-Sudirman dan koridor 7 rute Jalan Kartama. Bus itu juga akan memaksimalkan koridor yang sekarang. Semua koridor akan aktif," urainya.

Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mengoperasikan bus bantuan Kementerian Perhubungan untuk memperkuat armada bus TMP untuk melayani 10 koridor sejak awal tahun ini.

Sebanyak 25 unit bus ukuran sedang dengan kapasitas 35 penumpang dari Kemenhub pada Desember 2016 silam. Dengan adanya penambahan tersebut, secara keseluruhan Pekanbaru memiliki 84 bus.

Namun hingga kini baru 45 bus yang dimanfaatkan, terdiri dari 15 bus ukuran sedang dan 30 bus ukuran besar yang dimanfaatkan. Keterbatasan anggaran menjadi masalah bagi operasional seluruh bus tersebut. Meski begitu, pemerintah menyatakan pengoperasian akan dilakukan secara bertahap.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 jam lalu

    Membakar Ponsel Napi di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Riau membakar sebanyak 662 ponsel hasil sitaan di 15 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di seluruh wilayah

  • 6 hari lalu

    Stok Beras Bulog di Pekanbaru Cukup

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Badan Urusan Logistik Divisi Regional Provinsi Riau menyatakan memiliki stok beras mencapai 25.000 ton atau aman untuk kebutuhan masyarakat hingga Idul Adha 1438 Hijriyah dan b

  • satu minggu lalu

    Banyak Menara Telekomunikasi di Pekanbaru Ilegal

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru mencatat hanya terdapat 527 menara telekomunikasi yang beridiri secara legal di ibu kota Provinsi Riau

  • satu minggu lalu

    Polisi Limpahkan 3 Kasus Pungli di Pekanbaru

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau melimpahkan tiga berkas tersangka perkara dugaan pemerasan dan korupsi pungutan liar atau pungli di Dinas Pekerjaan Um

  • 2 minggu lalu

    Tol Padang-Pekanbaru Bakal Tingkatkan Ekonomi Kawasan Itu

    PADANG (EKSPOSnews): Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat (Sumbar) Ramal Saleh mengatakan pembangunan tol Padang-Pekanbaru, Riau akan berdampak pada peningkatan ekonomi bagi dua prov

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak