Rabu, 23 Agu 2017

Laba Bank Mestika Ambruk

Oleh: Agung
Jumat, 19 Mei 2017 06:08
BAGIKAN:
marsot
RUPS Tahunan Bank Mestika Dharma.
MEDAN (EKSPOSnews): Laba Bank Mestika Dharma Tbk. tahun 2016 lalu anjlok dari Rp240,7 miliar menjadi Rp179,2 miliar atau turun sebesar 24%. Hal ini terjadi seiring dengan menurunnya penyaluran kredit yang dilakukan bank yang bermarkas di Medan itu.

Penyaluran kredit PT. Bank Mestika Dharma, Tbk. sepanjang 2016 melorot sekitar 12% menjadi Rp6,28 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, akibat melemahnya kinerja sektor industri pengolahan seiring kondisi perlambatan ekonomi pada tahun lalu.

Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma, Tbk Achmad S. Kartasasmita mengatakan sejalan dengan kondisi perekonomian pada tahun lalu yang mengalami perlambatan, jumlah pemberian pinjaman oleh perseroan menurun 12%, dari Rp7,1 triliun pada 2015 menjadi Rp 6,28 triliun.

"Ini disebabkan karena bank lebih selektif di dalam mengucurkan kredit baru. Langkah memperketat seleksi debitur ini dilakukan karena bank mengalami peningkatan NPL gross dari 2,26% (2015) menjadi 3,90% pada tahun lalu, atau NPL nett 1.36% (2015) menjadi 2,18% pada tahun lalu," ujar Achmad S. Kartasasmita dalam Paparan Publik Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Kamis 18 Mei 2017.

Dia menuturkan pihaknya melakukan pengetatan pemberian kredit karena melihat penurunan kemampuan bayar debitur-debitur besar, menengah dan kecil, yang bergerak di sektor-sektor industri pengolahan, rumah tangga, real estate, persewaan dan jasa lainnya.

"Jadi secara umum kami melihat penurunan kemampuan bayar para debitur kami. Maka tindakan yang diambil adalah memberikan kredit baru yang lebih selektif agar tidak mengalami kenaikan NPL. Mau tidak mau kami harus memperketat pemberian kredit agar kami tidak terpeleset lebih jauh," papar Achmad.

  Berita Terkait
  • 7 bulan lalu

    JEMBATAN AMBRUK

    Jembatan penyeberangan alternatif yang menghubungkan dusun Sukorame dengan Ngrengket di kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur  ambrol, Sabtu  4 Februari 2017.   Akib

  • tahun lalu

    Jembatan Penghubung Desa di Bangka Selatan Ambruk

    KOBA (EKSPOSnews): Satu jembatan yang menghubungkan Desa Sarang Mandi dengan Desa Ramadhon, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, ambruk sehingga akses transportasi menuju dua desa itu lu

  • tahun lalu

    Jembatan Ambruk di Labuhanbatu

    MEDAN (EKSPOSnews): Jembatan yang berada di Dusun Padang Laut, Desa Tanjung Medan, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, ambruk pada Sabtu sore sekitar pukul 17.30 WIB.Kabid Hu

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak