Selasa, 20 Nov 2018

Kereta Api Medan-Belawan Dioperasikan

Oleh: marsot
Selasa, 09 Jan 2018 20:38
BAGIKAN:
istimewa.
Kereta Api.
MEDAN (EKSPOSnews): Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara,  melakukan uji coba pengoperasian kereta api penumpang Medan-Belawan dengan menggratiskan tiket bagi penumpang.

"Kereta api belum dioperasikan normal karena masih menunggu penetapan tarif dari Kementerian Perhubungan Sumut," ujar Deputi Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johanes Hutabarat di Medan, saat uji coba operasional kereta api yang diikuti Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, Selasa 9 Januari 2018.

Kereta api itu berangkat dari Stasiun Medan pukul 08.15 WIB dan tiba di Stasiun Belawan 08.55 WIB atau dengan lama perjalanan 40 menit, sebaliknya dari Stasiun Belawan berangkat 09.30 WIB dan tiba di Medan pukul 10.10 WIB.

Daniel menegaskan, uji coba operasional kedua pada Selasa itu langsung dilakukan dengan menggunakan kereta yang diperuntukan melayani rute Medan -Belawan - Medan.

"Kalau besaran tarif dari Kemenhub keluar, maka operasional kereta api Medan - Belawan ,- Medan dilakukan secara normal," katanya.

Dia mengakui, masih perlu pembenahan khususnya penertiban bangunan liar di sepanjang rel kereta api Medan - Belawan - Medan.

"Tetapi tentunya diperlukan secara bertahap dan perlu dukungan kuat masyarakat dan pemerintah daerah setempat," katanya.

Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mengapresiasi kebijakan KAI mengoperasikan kereta api Medan - Belawan - Medan setelah tujuh tahun tidak aktif.

Pengoperasian kereta api Medan-Belawan, kata dia akan menciptakan keterpaduan transportasi di Sumut.

Angkutan kereta api Medan - Belawan - Medan itu, bukan saja bisa melayani warga yang bekerja di kawasan Belawan, tetapi juga untuk penumpang dari KM.Kelud yang tiba di Belawan dari Tanjung Priok, Jakarta.

"Penumpang KM Kelud dan warga Belawan yang mau ke Bandara Kualanamu juga bisa memanfaatkan kereta api Medan - Belawan itu," katanya.

Penumpang dari Kota Binjai yang sebelumnya sudah terkoneksi dengan Stasiun Medan juga bisa menggunakan kereta api Medan - Belawan - Medan, kalau mau menggunakan angkutan kapal laut.

Bahkan rute kereta api tersebut diperkirakan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan perekonomian di kawasan tersebut.

"Semakin banyak rute yang dilayani kereta api, maka akan tercipta transportasi murah dan aman di Sumut," kata Parlindungan.

Dengan transportasi yang semakin murah dan aman, maka arus barang, moda dan orang di Sumut bisa semakin lancar.

DPD RI, kata dia, akan meminta dan mendorong agar Kemenhub meng izinkan operasional kereta api Medan -Belawan - Medan itu bisa dioperasikan setiap hari, bukan satu kali seminggu seperti direncanakan KAI tahap awal.

"DPD RI juga siap membantu menyoalisasikan ke masyarakat dan mendorong pemerintah daerah untuk mensterilkan kawasan rel di rute Medan -Belawan -Medan itu demi kepentingan keamanan semua pihak," katanya.


Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Gardu Induk Perawang Mulai Dioperasikan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) II Sumatera Bagian Utara mulai mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 KV Perawang, Riau, setelah lulus melewati serangkaian uji pembeban

  • tahun lalu

    Tol Kuala Namu-Tebing Tinggi Sudah Dapat Dioperasikan

    MEDAN (EKSPOSnews): Ruas jalan tol dari Bandara Kuala Namu menuju Kota Tebing Tinggi, Provinsi Sumatera Utara, dapat segera diresmikan karena pengerjaannya hampir selesai.Namun, kata Kepala Satker Jal

  • tahun lalu

    Kapal Pembangkit Listrik Turki Mulai Dioperasikan

    MEDAN (EKSPOSnews): PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mulai mengoperasikan kapal "Marine Vessel Power Plant" Onur Sultan di Belawan yang didatangkan dari Turki.Operasional kapal Marine Vessel Pow

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99