Kamis, 16 Agu 2018

Kereta Api Bandara Minangkabau Segera Operasi

Oleh: alex
Selasa, 24 Apr 2018 05:07
BAGIKAN:
istimewa.
Kereta Api.
PADANG (EKSPOSnews): Peresmian operasional kereta api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang, Sumatera Barat, kemungkinan akan dilakukan pada 8 Mei saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sumbar.

"Presiden akan berkunjung lagi ke Sumbar pada 8 Mei 2018. Kami berharap beliau bisa sekalian meresmikan operasional KA bandara," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Senin 23 April 2018.

Ia menjelaskan, peresmian kereta api BIM semula diundur hingga Juni bersamaan dengan peresmian light rail transit Palembang, Sumatera Selatan.

KA bandara yang dinamakan Minangkabau Ekspress sudah melakukan uji coba beberapa kali dan dinyatakan sudah memenuhi unsur keamanan. Operasional menunggu peresmian yang menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan.

Kehadiran KA itu diharapkan menjadi salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat terutama yang tidak ingin terkena macet pada waktu-waktu tertentu seperti saat wisuda lulusan Universitas Negeri Padang (UNP) yang selalu menyebabkan lalu lintas terhambat.

Tarif yang relatif terjangkau karena masih disubsidi oleh pemerintah kemungkinan akan menjadikan moda transportasi ini sebagai favorit bagi masyarakat Padang.

Selain meresmikan KA bandara, Presiden Joko Widodo menurut Nasrul Abit juga akan meninjau revitalisasi kawasan saribu rumah gadang di Solok Selatan dan sejumlah proyek padat karya.

Revitalisasi kawasan saribu rumah gadang itu merupakan perintah langsung Presiden saat berkunjung ke Sumbar pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Demikian juga perbaikan Desa Pariangan yang merupakan salah satu desa terindah di dunia.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Amran mengatakan peresmian operasional KA bandara batal diresmikan sesuai rencana pada Sabtu (21/4). Jadwal pasti peresmiannya belum diinformasikan oleh Kementerian Perhubungan, tetapi ada kemungkinan bersamaan dengan operasional Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, pada Juni 2018.

Namun, jika Presiden jadi berkunjung ke Sumbar, peresmian akan dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Kapasitas Bandara Internasional Minangkabau Ditingkatkan

    PADANG (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Kabupaten Padangpriaman disinggahi sekitar 5,7 juta penumpang setiap tahunnya."Kami ak

  • 3 bulan lalu

    Kereta Api Bandara Minangkabau Diresmikan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kereta Api Bandara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat atau dikenal dengan KA Minangkabau Ekspress resmi beroperasi, Senin 21 Mei 2018.Peresmian pengoperasian KA Bandara yang ket

  • 4 bulan lalu

    Kereta Api Minangkabau Masih Gratis

    PADANG (EKSPOSnews): Ratusan warga Kota Padang, Sumbar, menikmati perjalanan menggunakan kereta api bandara "Minangkabau Ekspress" dari Stasiun Simpang Haru menuju Bandara Internasional Minangkabau (B

  • 4 bulan lalu

    Sejarah Bedil Minangkabau

    PADANG (EKSPOSnews): Ilmuwan bidang sejarah asal Malaysia Wan Mohd Dasuki Wan Hasbullah menginisiasi penelitian tentang bedil atau senjata api yang berasal dari Minangkabau."Penelitian ini bersifat pe

  • 6 bulan lalu

    Kereta Api Bandara Minangkabau Segera Uji Coba

    PADANG (EKSPOSnews): Setelah selesai dibongkar di Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, rangkaian kereta api yang akan dioperasikan sebagai kereta menuju Bandara Internasional Minangkabau aka

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99