Senin, 22 Jul 2019

Jumlah Penumpang Kapal Laut Naik Signifikan

Oleh: Jallus
Selasa, 12 Mar 2019 20:13
BAGIKAN:
istimewa.
Kapal Pelni.
BANJARMASIN (EKSPOSnews): Jumlah penumpang kapal Roll-on/roll-of (Roro) di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, naik hingga 100 persen lebih imbas kenaikan harga tiket pesawat dari Banjarmasin tujuan Surabaya, Jawa Timur.

Superintenden Operasional Pelabuhan Trisakti Masruni di Banjarmasin mengatakan, sejak awal Januari 2019, jumlah penumpang kapal naik cukup signifikan.

Menurut dia, biasanya jumlah penumpang kapal tidak lebih dari sepuluh orang per harinya, bahkan tidak jarang tidak ada penumpang sama sekali, kecuali truk dan angkutan barang lainnya.

Namun sejak harga tiket pesawat dari Banjarmasin tujuan Surabaya naik, jumlah penumpang kapal tidak kurang dari 50 orang per hari, bahkan lebih.

"Kenaikan jumlah penumpang ini, sebagian besar dipengaruhi oleh kenaikan harga tiket pesawat dan dikenakannya biaya bagasi pesawat," katanya.

Hal itu berbeda dengan tiket kapal, yang hanya sekitar Rp250 ribu per orang, dengan bagasi tidak dibatasi.

Saat ini, harga tiket pesawat dari Banjarmasin - Surabaya sekitar Rp900 ribu bahkan ada yang mencapai Rp1 juta lebih.

Hal itu berbeda dengan sebelum terjadi kenaikan yang hanya sekitar Rp450 ribu bahkan bisa lebih murah, bila mendapatkan harga promo.

Karena selisih harga yang tidak terlalu jauh, membuat warga memilih naik pesawat dibanding naik kapal, karena lebih cepat dan hemat waktu.

Salah seorang penumpang kapal asal Pacitan Jawa Timur, Joni mengatakan, setiap bulan dia harus pulang pergi Banjarmasin-Surabaya tiga kali.

Menurut karyawan perusahaan sawit tersebut, pada saat harga tiket pesawat murah, dia memilih menggunakan pesawat untuk pulang mengunjungi keluarganya.

Namun kini, terpaksa memanfaatkan kapal laut, karena harga tiket yang jauh lebih murah dan terjangkau, walaupun perjalanannya relatif agak lama, sekitar 18 jam.

Menurut dia, selisih harga tiket pesawat dan kapal, kini cukup tajam, bisa mencapai Rp750 ribu, belum lagi, kalau harus membayar bagasi. Sehingga banyak warga beralih ke kapal.

"Kalau naik kapal, masih ada sisa untuk makan, karena harga tiket pesawat sudah di atas Rp1 juta lebih, belum lagi tambah bagasinya," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan penumpang tujuan Jepara Norali, yang mengatakan, bisanya dia pulang kampung dengan menggunakan pesawat.

Namun, sejak harga tiket naik menjadi Rp1,2 juta per orang, kini memilih naik kapal, karena bisa menghemat hingga 50 persen lebih.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 4 bulan lalu

    Kunjungan Wisman Meningkat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Pusat Statistik (BPS) melansir kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Februari 2019 naik 6,12 persen menjadi 1,27 juta kunjungan dibandingkan Januari 2018 yakni

  • 6 bulan lalu

    Permintaan Izin Poligami di Semarang Meningkat

    SEMARANG (EKSPOSnews): Pengadilan Agama Kota Semarang mencatat peningkatan warga Ibu Kota Jawa Tengah yang mengajukan izin poligami atau berkeinginan memiliki lebih dari satu istri."Ada peningkatan se

  • 6 bulan lalu

    Permintaan Paspor di Aceh Meningkat karena Harga Tiket Pesawat Domestik Mahal

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh menyatakan permohonan paspor sejak awal Januari 2019 meningkat drastis menyusul kenaikan harga tiket pesawat domestik."Berdasarkan hasil waw

  • 7 bulan lalu

    Terorisme Meningkat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan terorisme pada 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni menjadi 17 jumlah aksi dari 12 aksi pada 2017.Dalam konferensi pers

  • 10 bulan lalu

    Kasus Diabetes Meningkat Setiap Tahun

    CIANJUR (EKSPOSnews): Dinas Kesehatan Cianjur, Jawa Barat, mencatat kasus diabetes baru setiap tahunnya mencapai ribuan dan mengancam generasi muda yang memiliki pola hidup kurang baik dan orang lanju

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99