Minggu, 22 Okt 2017

Jangan Salahgunakan Dana Desa

Oleh: Marsot
Sabtu, 05 Agu 2017 18:31
BAGIKAN:
istimewa
Dana Desa.
SEMARANG (EKSPOSnews): Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada seluruh kepala desa agar berhati-hati dalam mengelola dan menggunakan dana desa supaya tidak terjerat hukum.

"(Di Jateng) jangan sampai terjadi peristiwa seperti di Pamekasan, Madura, kepala desa ditangkap karena menyelewengkan dana desa," kata Ganjar di Semarang, Sabtu 5 Augustus 2017.

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu mengaku telah berulang kali memperingatkan kepala desa agar mengelola dana desa secara transparan serta bertanggung jawab.

Ganjar mengapresiasi kepala desa yang menempelkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di balai desa sehingga bisa dilihat langsung oleh masyarakat sebagai bentuk transparansi anggaran.

"Dengan mengumumkan APBDes tersebut, masyarakat bisa mengetahui sumber dana desa, besaran bantuan keuangan dari kabupaten dan provinsi, jumlah pendapatan asli daerah, alokasi dana desa, serta pendapatan lain-lain," ujarnya.

Ganjar mengungkapkan, meskipun pengelolaan dana desa sebagian besar di Provinsi Jateng sudah cukup baik, tapi ada beberapa indikasi kurang transparan dan akuntabel sehingga perlu adanya pola audit yang sederhana atau tidak rumit.

Hal itu bertujuan agar para perangkat desa tidak mengalami kesulitan ataupun terjadi kekeliruan dalam penyusunan laporan pengelolaan uang negara tersebut.

"Pemprov Jateng siap mendampingi perangkat desa agar bisa melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan benar, termasuk mengenai pengelolaan dana desa," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Dana Desa Akan Diperiksa Secara Acak

    JAKARTA (EKSPOSnews): Dana desa akan diaudit secara masif dan secara acak oleh Satuan Tugas Dana Desa untuk meminimalkan terjadinya penyelewengan dalam penggunaan dana desa."Di Indonesia ini di mana a

  • 4 minggu lalu

    Kades Tidak Boleh Kelola Dana Desa

    REJANG LEBONG (EKSPOSnews): Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan kepala desa tidak boleh mengelola dana desa yang diterima desa masing-

  • satu bulan lalu

    Korupsi Dana Desa di Cirebon

    CIREBON (EKSPOSnews): Kepolisian Resor (Polres) Cirebon, Jawa Barat, menangani kasus tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Pj Kepala Desa (Kades) Curug dengan kerugian negara sebanyak Rp129.140.00

  • satu bulan lalu

    Dana Desa Tidak Boleh Digunakan untuk Menggaji PPS Bermasalah

    MEDAN (EKSPOSnews): Perekrutan Penyuluh Pertanian Swadaya (PPS) di Kabupaten Humbang Hasundutan,Sumatera Utara hingga saat ini masih  menjadi polemik karena yang dilantik adalah salah seorang yan

  • satu bulan lalu

    Awasi Dana Desa

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menginginkan masyarakat juga ikut mengawasi penggunaan dana desa yang merupakan sala

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99