Minggu, 23 Sep 2018

Investor Jajaki Potensi Pabrik Semen di Malang

Oleh: marsot
Selasa, 14 Agu 2018 08:25
BAGIKAN:
istimewa.
Semen.
MALANG (EKSPOSnews): Salah satu investor skala besar menjajaki potensi industri semen di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur,dengan membangun pabrik semen di wilayah itu.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang Mursidah di Malang, mengemukakan investasi untuk pembangunan pabrik semen ini masih dalam tahap penjajakan lokasi dan potensi bahan baku.

"Lokasi pembangunan pabrik semen itu nanti di Kecamatan Bantur. Harapan kami setelah dilakukan penjajakan investor segera memberikan kepastian penanaman investasi tersebut dan ditindaklanjuti dengan realisasi pembangunan pabrik semen," kata Mursidah, Selasa 14 Augustus 2018.

Hanya saja, Mursidah masih menutup rapat-rapat berapa nominal investasi dan nama perusahaan yang bakal menginvestasikan dananya untuk pembangunan pabrik semen di Kecamatan Bantur tersebut.

"Maaf ya, saya masih belum bisa menyebutkan nama perusahaan dan berapa nilai investasinya. Harapan saya pembangunan pabrik semen ini segera terealisasi," ucapnya.Ia menerangkan rencana pembangunan pabrik semen tersebut merupakan pengembangan penanaman investasi skala besar di Kabupaten Malang dan masih menjadi satu-satunya investasi baru pada tahun ini.

Sedangkan untuk investasi skala menengah ke bawah selama enam bulan terakhir ini sebagian besar berupa perluasan dari penanaman investasi yang sudah ada, termasuk investasi perluasan pembangunan hotel dan pendirian toko modern.

Sebenarnya, kata Mursidah, rencana penanaman investasi di Kabupaten Malang sudah cukup banyak diinformasikan, termasuk penanaman investasi untuk pembangunan objek wisata "water park" di wilayah Malang Selatan, namun hingga sekarang belum ada kepastian dari rencana investasi tersebut.

DPMPTSP bersama tim Percepatan Usaha Pemkab Malang terus berupaya untuk menarik investor agar menanamkan investasinya di Kabupaten Malang, apalagi sistem pelayanan perizinan sudah "online" sehingga bisa memudahkan investor.

Sebelumnya ada beberapa investor yang melirik potensi pendirian pabrik semen di Kabupaten Malang, seperti PT Senopati dan Grup Bosowa, bahkan jajaran direksi Bosowa pernah ke Malang. Saat itu Bosowa hendak berinvestasi Rp1,5 triliun-Rp2 triliun dengan kapasitas produksi 2 juta ton per tahun.

Berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang beberapa tahun lalu, diperkirakan potensi bahan baku semen yang terdapat di Kabupaten Malang mencapai 60 miliar meter kubik dan baru ditambang sekitar 5 persen oleh sekitar 25 pengusaha tambang berskala kecil di Sumbermanjing Wetan dan Gedangan.

Selain di dua kecamatan itu, potensi bahan baku semen juga tersebar di Kecamatan Bantur, Pagak, dan Kalipare. Seluruh potensi bahan semen bisa ditambang selama 600 tahun, dengan asumsi eksplorasi dua juta meter kubik per tahun. Sedangkan yang akan ditambang hanya 25 miliar meter kubik.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 10 bulan lalu

    Kek Sei Mangkei Semakin Diminati Investor

    JAKARTA (EKSPOSnews): Realisasi penanaman modal yang tertuju ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Sumut menanjak sejak diresmikan akhir 2015.Per akhir 2017, KEK Sei Mangk

  • 11 bulan lalu

    Gubernur Aceh Akan Selesaikan Masalah Pembebasan Tanah Pabrik Semen di Pidie

    BANDA ACEH (EKSPOSnews): Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan dirinya akan duduk bersama guna mencari penyelesaian terhadap berhenti sementaranya pembangunan PT Semen Indonesia Aceh di Kabupaten Pid

  • 11 bulan lalu

    Sumbar Harus Mampu Gaet Investor

    PADANG (EKSPOSnews): Pemerintah Provinsi Sumatera Barat harus bisa memanfaatkan investor 15 negara yang hadir dalam "Regional Invesment Forum" di Padang 15-17 Oktober 2017 agar berinvestasi di daerah

  • tahun lalu

    3 Calon Investor Incar Nyonya Meneer

    SEMARANG (EKSPOSnews): Kurator dalam kepailitan PT Nyonya Meneer mengaku terdapat tiga calon investor yang berkeinginan untuk membeli dan menyelamatkan perusahaan jamu legendaris tersebut."Ada tiga ca

  • tahun lalu

    Bekas Pabrik Semen Gresik Akan Dijadikan Universitas

    GRESIK (EKSPOSnews): Bangunan bekas pabrik semen gresik yang berada di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kini dibuat untuk ruang kelas Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).Perancang ba

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99