Kamis, 19 Sep 2019

Hilangkan Monopoli Usaha di Kalimantan Barat

Oleh: Jallus
Kamis, 06 Sep 2018 04:23
BAGIKAN:
istimewa.
Ayam potong.
PONTIANAK (EKSPOSnews): Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Pontianak Andreas Acui Simanjaya berharap Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji-Ria Norsan yang baru dilantik untuk masa bakti lima tahun, bisa menghilangkan monopoli bisnis.

"Kita harapakan gubernur yang baru satu di antara dalam dunia usaha dapat menghilangkan monopoli bisnis, agar terjadi persaingan usaha yang sehat, "ujarnya di Pontianak, Rabu 5 September 2018. Ia mencontohkan jenis usaha yang berpotensi monopoli yakni pada komoditas pangan, misalnya, daging ayam dan telur ayam.

"Pemerintah bisa membuka pintu seluas-luasnya agar semua pengusaha bibit ayam memasok kepada peternak sehingga kendali harga tidak pada satu atau dua pengusaha saja seperti saat ini. Kita tahu daging ayam merupakan sumber gizi yang relatif murah dan mudah didapatkan," papar dia.

Demikian juga dengan usaha hasil laut seharusnya relatif murah dan tersedia dalam jumlah banyak, tetapi kini mahal dan relatif langka, misalnya ikan tongkol dan ikan kembung.

"Untuk persoalan itu harus ada penataan pengusaha di bidang ini agar harga dan suplai tidak di kendalikan seenaknya," papar dia.

Ia juga gubernur baru menylenggarakan pembinaan yang masif dan tersedianya modal untuk mengembangkan UMKM. "Itu juga harus didukung infrastruktur listrik yang merata di seluruh Kalbar sehingga setiap desa mendapatkan akses untuk listrik dan juga mendorong adanya pengendalian mutu pelayanan, usaha dan lainnya," kata dia.

Terenting juga menurutnya bagaimana bisa memajukan dunia pariwisata yang akan mendorong tumbuhnya industri kreatif dan membuka lapangan kerja buat rakyat Kalbar.

"Kita siap mendukung pemerintahan gubernur dan wakil gubernur yang baru untuk kemajuan Kalbar. Selamat bertugas mari menuju Kalbar baru," kata dia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Durian Kunyit dari Kalimantan Barat

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Durian Kunyit asal Desa Sebongkah, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berhasil mengalahkan 180 jenis durian lainnya di Kontes Durian Festival Durian Bumi K

  • tahun lalu

    BNN Amankan Sabu-Sabu di Kalimantan Barat

    JAKARTA (EKSPOSnews): Badan Narkotika Nasional dan Bea Cukai dalam dua kegiatan operasi berhasil mengagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 28 kilogram dan 25 ribu pil ekstasi di Kalim

  • 2 tahun lalu

    Karolin Margret Siap Kembangkan Potensi Kalimantan Barat

    PONTIANAK (EKSPOSnews): Calon Gubernur Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa mengatakan Kota Sngkawang dan Singbebas memiliki potensi cukup besar untuk mendukung ekonomi Kalbar sehingga bisa tumbuh

  • 2 tahun lalu

    Monopoli Tol Laut

    SURABAYA (EKSPOSnews): Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada indikasi terjadi monopoli dalam pelaksanaan tol laut sehingga perlu ada perbaikan dalam sistem pendaftaran."Ada indikasi mon

  • 2 tahun lalu

    Wah...Ada Monopoli Gula

    KUDUS (EKSPOSnews): Dewan Pimpinan Nasional Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengadukan dugaan adanya monopoli dalam penjualan gula pasir ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), kata S

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2019 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99