Sabtu, 22 Sep 2018

Di Kampar Masih Banyak Desa Tertinggal

Oleh: Jallus
Kamis, 26 Apr 2018 04:29
BAGIKAN:
istimewa.
Desa tertinggal.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan saat ini terdapat 70 desa di Kabupaten Kampar dalam kondisi tertinggal.

"Tahun ini bersama bupati diupayakan desa-desa di Kampar tersentuh sehingga 70 desa tersebut bisa tidak tertinggal," kata Eko dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Kampar, Riau, Rabu 25 April 2018.

Dia optimistis pada 2019 seluruh desa yang berstatus tertinggal tersebut dapat dientaskan dari ketertinggalannya.

Dia mengatakan antusiasme masyarakat Kampar, terutama para transmigran yang sangat tinggi secara cepat dapat memengaruhi masyarakat lokal untuk cepat berbenah keluar dari status desa tertinggal.

"Kalau lihat antusiasme masyarakat cukup besar. Terutama masyarakat transmigrans di sini," ujarnya.

Dia menuturkan pelaksanaan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang memberikan kewenangan desa dalam melakukan pemberdayaan ekonomi telah mempercepat proses pengentasan desa tertinggal.

Apalagi dengan pengguliran dana desa yang telah mampu membangun berbagai infrastruktur desa dan menumbuhkan perekonomian desa termasuk mendorong pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes).

Ia menuturkan selama tiga tahun bergulirnya dana desa sejak 2015, pemerintah telah menyalurkan Rp130 triliun dana desa dan berhasil membangun 123.000 kilometer jalan desa, 9.000 meter jembatan, serta 108.000 unit MCK yang ia nilai sebagai pencapaian terbesar sejarah Indonesia.

"Secara nasioal, perkiraan pada tahun 2017 sudah terentaskan 15 ribu desa," ujarnya.

Bupati Kampar Aziz Zaenal yang turut mendampingi kunjungan kerja Menteri Desa mengatakan dirinya telah mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat untuk memberikan bantuan berupa peralatan untuk membangun infrastruktur.

"Jadi, yang kami butuhkan bukan hanya dana desa. Kami butuh bentuk benda, seperti mesin pengaduk semen. Dengan peralatan itu, kami yang bekerja. Saya sudah bilang ke Pak Menteri dan beliau setuju," ujarnya.

Aziz juga optimistis pengentasan desa tertinggal di Kampar dapat segera diwujudkan dalam setahun mendatang. Menurut dia, Pemkab Kampar telah menyiapkan sejumlah skema dan rencana untuk mewujudkan hal itu.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Polres Kampar Ungkap Peredaran Narkoba di LP Bangkinang

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kampar, Provinsi Riau, mengungkap peredaran narkoba jenis sabu-sabu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Bangkinang."Total 16 paket kecil

  • 3 bulan lalu

    Sekeluarga Asal Kampar Ikut Tenggelam di Danau Toba

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Satu keluarga asal Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, yang terdiri dari suami-istri dan seorang balita, menjadi korban tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di Danau Toba, P

  • 10 bulan lalu

    Polisi OTT Kepala Satpol PP Kampar

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau melakukan operasi tangkap tangan terhadap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kampar atas dugaan pemotongan ua

  • tahun lalu

    Kecelakaan di Kampar, 4 Tewas

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Sebanyak empat orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan truk tronton, mobil dan minibus di Jalan Rantau Merangin-Pasir Pengaraian Kabupaten Kampar."Pengemudi 'Suzuki C

  • tahun lalu

    Sekeluarga di Kampar Pelihara Ular Cobra Ganas

    PEKANBARU (EKSPOSnews):Satu keluarga di Desa Mentulik Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, menjadi pusat perhatian karena memelihara satwa liar yang mematikan dan ditakuti manusia, yakni dua ular jenis Ra

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99