Rabu, 20 Sep 2017

Bus Trans Binjai Mulai Uji Coba

Oleh: Jallus
Senin, 19 Jun 2017 17:05
BAGIKAN:
istimewa
Bus (ilustrasi).
BINJAI (EKSPOSnews): Sebanyak empat unit bus Trans Binjai di Binjai, Sumatera Utara, mulai menjalani masa uji coba setelah peluncurannya dilakukan oleh Wali kota, guna diperuntukkan melayani masyarakat setempat.

Wali Kota Binjai Muhammad Idaham menjelaskan di Binjai, uji coba bus Trans Binjai melintas diawali dari Balai Kota, jalan Sudirman, Binjai Kota, kemudian mengitari tugu Pahlawan Binjai, lalu masuk ke jalan Imam Bonjol.

Tidak hanya itu saja bus ini juga melintasi jalan Sultan Hasanuddin hingga akhirnya balik ke Balai Kota Binjai.

Idaham mengatakan bus Trans Binjai dilengkapi CCTV untuk dapat melihat penumpang dan GPS untuk memantau pergerakan bus. Selain itu, bus Trans Binjai dilengkapi dengan air conditioner (AC) dan masing-masing memiliki 20 kursi penumpang.

"Untuk pembayaran nanti menggunakan smart card," katanya.

Tentang smart card, dikoordinasikan dengan PT KAI, tujuannya agar nantinya kartu diberikan kepada masyarakat tidak hanya dimanfaatkan untuk bus Trans Binjai, tetapi dapat dimanfaatkan saat menggunakan kereta api.

"Kabar baiknya bus ini akan digratiskan selama beroperasi hingga bulan Desember 2017," katanya, Senin 19 Juni 2017.

"Tahun ini tarif kita gratiskan. Kami mau lihat dulu berapa biaya operasional yang dikeluarkan, sehingga kita bisa menghitung tarif yang akan dikenakan. Sementara untuk rute, kami atur agar tidak ada berbenturan dengan bus Perintis," ujarnya.

Operasional bus Trans Binjai nantinya hanya berhenti pada halte-halte yang telah disiapkan. Untuk memudahkan calon penumpang, Pemko akan membangun halte sesuai warna bus.

"Misalnya warna biru rutenya Utara ke Timur dan warna hijau rutenya Barat ke Selatan. Dari warna saja masyarakat sudah bisa memahami bus mana yang dicari," katanya.

"Insya Allah tahun ini kita akan punya delapan unit bus Trans Binjai. Kita akan menciptakan smart transportasi dan menciptakan kota pintar," ujar Idaham.

Kepala Dinas Perhubungan Syahrial menjelaskan bus Trans Binjai belum dioperasikan secara intensif, sebab, Pemko Binjai masih akan menunggu halte yang akan dibangun tahun 2017.

"Itu tadi namanya uji coba belum digunakan karena masih menunggu halte yang dibangun. Selain itu, juga masih dibutuhkan sumber daya manusia untuk operasional bus tersebut," katanya.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 8 bulan lalu

    UJI COBA RANTIS TANK

    Danramil Plaosan Kapten Inf Budi Purwanto beserta anggotanya melaksanakan  Pam dan pengawalan dalam rangka uji coba Ran Tis Tank Oleh Kemhan RI  . Adapun  tim pelaksanaan teknis da

  • 8 bulan lalu

    3 Vaksin Baru Masih Ujicoba

    JAKARTA (EKSPOSnews): Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan tiga vaksin dasar yang baru akan diterapkan pada 2017 masih dalam tahap uji coba guna mengoptimalkan kegunaan dan manfaat. &qu

  • 10 bulan lalu

    Uji Coba Kereta Api Sei Mangkei-Belawan

    MEDAN (EKSPOSnews): Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (KAI),  melakukan uji coba kereta barang dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei hingga Belawan. "Pembangunan jaring

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2017 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak