Rabu, 01 Apr 2020

Blok Rokan Jangan Lagi Diberikan kepada Chevron

Oleh: marsot
Senin, 30 Jul 2018 21:10
BAGIKAN:
reuters.
Chevron.
PEKANBARU (EKSPOSnews): Komisi IV DPRD Riau saat rapat dengar pendapat dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) setempat, menolak perpanjangan kontrak PT Chevron Pacific Indonesia terhadap pengelolaan Blok Rokan.

"Kita komit untuk menolak perpanjangan kontrak pengelolaan PT Chevron, karena keberadaan mereka di Riau selama ini tidak membawa keuntungan untuk masyarakat. Untuk apa dipertahankan," ujar Anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar di Pekanbaru, Senin 30 Juli 2018.

Politisi Demokrat Riau ini menilai, keberadaan PT CPI selama ini tidak berkontribusi terhadap perekonomian Provinsi Riau. Padahal sebagai wilayah penghasil Migas seharusnya keuntungan besar didapatkan wilayah setempat.

"Sumber daya alam Riau dikuras habis-habisan selama 93 tahun, namun masyarakat Riau seperti kehidupan suku Talang Mamak dan Sakai masih saja terbelakang. Kita nilai tidak ada konstribusi mereka terhadap perekonomian," kata Asri.

Pihaknya akan mendesak Pemerintah Pusat untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Chevron. Pihaknya akan berupaya dan berjuang agar Blok Rokan di serahkan kepada daerah dan masyarakat Riau, karena masyarakat Riau sudah mampu mengelola sendiri.

"Maka kita minta Pusat jangan dulu menandatangani perpanjangan kontrak Blok Rokan," tuturnya.

"Kita jadwalkan bertemu pemerintah pusat, kita akan bicarakan ini. Mengapa tidak diserahkan ke daerah saja, masyarakat sudah bisa mengelolanya melalui BUMD nantinya," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Riau Husni Thamrin mengatakan Riau memiliki banyak Sumber Daya Manusia yang membidangi perminyakan yang potensial untuk mengelola Blok Langgak tersebut.

"Sumber daya manusia Riau cukup, namun tidak diberikan kesempatan untuk mengelola. Orang Riau banyak hebat, teknologi kita bisa beli, uang kita banyak," ujarnya.

Menurut dia, semua komponen masyarakat Riau harus bersatu dan bersama-sama berjuang mendapatkan blok Rokan juga blok lainnya.

"Kita akan bergerak semua, tokoh masyarakat, mahasiswa, Pemda, bagaimana kita berjuang ke pusat, baru orang Pusat melihat Riau, semua blok migas Riau kita ambil, "tuturnya.

Saat dengar pendapat dengan Dinas ESDM, anggota Komisi IV DPRD Riau membentangkan spanduk bertuliskan "Menolak blok Rokan yang dikelola kembali oleh PT Chevron".

Sebagai informasi, saat ini Blok Rokan yang berada di di empat kabupaten yakni Rohil, Bengkalis, Siak dan Kampar tersebut dikelola oleh PT Chevron Pasifik Indonesia.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • tahun lalu

    Chevron Serahkan Bibit Sapi

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) menyerahkan bantuan 15 ekor bibit sapi kepada Kelompok Pertanian Terpadu (KPT) Rokan Hulu Bumi Lestari, di Jalan Sialangbungkuk, Kulim, Pe

  • 2 tahun lalu

    Chevron Diminta Bersihkan Kontaminasi di Pusat Latihan Gajah Minas

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, meminta PT Chevron Pacific Indonesia untuk membersihkan limbah minyak yang mengkontaminasi tanah di Pusat Latihan Gajah (PLG) Mina

  • 2 tahun lalu

    Chevron Selidiki Kebocoran Pipa

    PEKANBARU (EKSPOSnews): PT Chevron Pacific Indonesia menyatakan tengah menyelidiki kebocoran salah satu pipa yang mengalirkan gas di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau hingga menyemburkan ap

  • 2 tahun lalu

    Chevron Kecewa Berat, Blok Rokan Lepas

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Manajemen PT Chevron Pacific Indonesia menyatakan kekecewaannya karena Pemerintah Indonesia tidak memperpanjang kontrak mereka untuk mengelola Blok Rokan di Provinsi Riau terhi

  • 2 tahun lalu

    Pemprov Riau Tagih Saham di Blok Rokan

    PEKANBARU (EKSPOSnews): Pemprov Riau meminta PT Pertamina (Persero) untuk memberikan hak saham partisipasi (participating interest) bagi perusahaan daerah berupa 10 persen saham dalam pengelolaan Blok

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2020 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99