Sabtu, 18 Agu 2018

Bea dan Cukai Karimun Lakukan Ratusan Kali Penindakan

Oleh: Jallus
Kamis, 11 Jan 2018 04:37
BAGIKAN:
istimewa.
Bea dan Cukai.
KARIMUN (EKSPOSnews): Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau telah melakukan 324 penindakan atas tindak pidana kepabeanan selama tahun 2017.

"Ke-324 penindakan mulai dari penyelundupan 'ballpress' (pakaian bekas), barang terlarang lainnya termasuk minuman beralkhol," kata Kepala Kantor Wilayah Ditjen BC Khusus Kepri Rusman Hadi dalam acara jumpa wartawan di Kanwil BC Kepri, Meral, Karimun, Rabu 10 Januari 2018.

Dia memaparkan dari 324 penindakan tersebut, 90 di antaranya merupakan penindakan yang dilakukan Kanwil DJBC Khusus Kepri dengan nilai barang Rp125,270 miliar lebih, dan nilai kerugian mencapai Rp14,167 miliar lebih.

Ke-103 kasus merupakan penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun dengan nilai barang mencapai Rp1,956 miliar lebih dan nilai kerugian mencapai Rp783,8 juta lebih.

Selanjutnya 133 kasus ditindak oleh KPPBC TMP B Tanjungpinang dengan nilai barang mencapai Rp6,893 miliar lebih dan nilai kerugian mencapai Rp861,675 juta.

"Kita juga melakukan penindakan terhadap barang kena cukai (BKC) di lingkungan Kanwil DJBC Khusus Kepri, sebanyak 151 penindakan," katanya.

Dari 151 penindakan BKC itu, pihaknya berhasil mengamankan barang senilai Rp4,433 miliar lebih dengan potensi kerugian negara mencapai Rp2,116 miliar lebih.

"Sedangkan untuk penyidikan dan penelitian perkara, pada 2017 ada 44 kasus, 34 kasus di antaranya sudah P21 atau lengkap, SP3 (surat perintah penghentian penyidikan) nol dan dalam proses sebanyak 10 kasus," katanya.

Dari hasil penelitian perkara, pihaknya berhasil mejadikan 33 kasus sebagai Barang Milik Negara (BMN), 14 kasus lainnya diberi sanksi administrasi, 1 kasus diserahkan ke instansi lain. Sedangkan yang masih dalam tahap penyidikan ada 2 perkara dan proses penelitian ada 2 perkara.

"Nah, sedangkan untuk penerimaan dari hasil penelitian untuk barang mewah (BM) sebesar Rp16,580 juta, PPN Rp14,638 juta, PPh Impor Rp3,659 juta denda Rp705 juta dengan total Rp739,877 juta," katanya.

Selanjutnya untuk tindak lanjut barang hasil penindakan BMN yang dilelang tujuh kali dengan nilai Rp2,006 juta, pemusnahan empat kali, dan hibah dilakukan sebanyak enam kali.

Sementara, untuk barang bukti dilelang empat kali dengan nilai Rp2,629 miliar, pemusnahan delapan kali dan hibah empat kali.

Sumber: antaranews.

  Berita Terkait
  • 5 bulan lalu

    Calon Deputi Direktur Penindakan KPK. Masyarakat Diminta Berikan Masukan

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan 13 calon Deputi Bidang Penindakan dan Direktur Penyidikan KPK yang berasal dari institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Pol

  • 12 bulan lalu

    BC Teluk Nibung Sita Rokok dan Alkohol Tanpa Cukai

    TANJUNGBALAI (EKSPOSnews): Bea dan Cukai Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara menyita ratusan bungkus rokok dan puluhan botol minuman beralkohol yang tidak dilengkapi pita cukai dari warung

  • 12 bulan lalu

    KPK Akui Ada Kegiatan Penindakan di Riau

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya kegiatan dari tim di bagian penindakan di Provinsi Riau."Ada kegiatan tim di bagian penindakan di Riau tetapi kami belum bis

  • tahun lalu

    KPK Duga Penyelundupan Daging Libatkan Bea dan Cukai

    JAKARTA (EKSPOSnews): Komisi Pemberantasan Korupsi menduga terjadi penyeludupan daging yang melibatkan oknum Direktorat Bea Cukai dan importir daging bernama Basuki Hariman."Berdasarkan pengaduan masy

  • 2 tahun lalu

    Bahan Pangan Sitaan Bea dan Cukai Agar Dibagikan kepada Masyarakat

    BATAM (EKSPOSnews): Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun berharap bahan pangan sitaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai di wilayah Kepri dihibahkan ke masyarakat daripada disimpan di gudang.

  •   komentar Pembaca

    Copyright © 2009 - 2018 eksposnews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Redaksi

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    RSS

    Kontak

    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99